ISTANA

Jadi Menhan, Politisi Gerindra: Sekarang Prabowo Bintang Empat

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Menteri Pertahanan atau Menhan oleh Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, Rabu (23/10). Jokowi menilai Prabowo adalah orang yang tepat menjadi Menteri Pertahanan karena pengalamannya di dunia militer.

“Kemudian Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto. Beliau lebih tahu dari saya,” kata Jokowi yang disambut hormat Prabowo.

Isu Prabowo menjadi Menhan sesungguhnya sudah ramai beberapa waktu sebelum Jokowi mengumumkan nama-nama menteri. Bahkan, pengangkatan Prabowo sebagai menteri pertahanan juga akan diikuti gelar jenderal kehormatan. Dengan demikian bukan lagi Letnan Jenderal Purnawirawan, tapi Jenderal Kehormatan dengan empat bintang.

Lantas akankah bintang di pundak Prabowo naik menjadi empat? Menurut Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan, dengan menjadi Menteri Pertahanan maka otomatis Prabowo berhak menyandang bintang empat.

“Ya otomatis (Prabowo) jadi bintang empat,” kata Heri Gunawan kepada Radarsukabumi.com, Kamis (24/10/2019).

Menurut Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPR RI itu, dengan menjadi Menteri Pertahanan maka pangkat Prabowo pun naik. “Jadi sudah bukan letjen lagi, tapi sudah jenderal. Harusnya begitu,” ujar legislator Senayan asal Sukabumi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari memprediksi Prabowo Subianto bisa mendapat bintang kehormatan menjadi bintang empat setelah resmi dilantik jadi Menhan.

“Kalau bicara menteri kan jabatan politik bukan jabatan kepangkatan, atau kalau memang dirasa ada unggah-ungguh, bisa Prabowo dinaikan bintang kehormatan jadi bintang 4,” ungkap Qadari.

Sebagai informasi, soal jenderal kehormatan ini bukan hal baru, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga mendapat jenderal bintang empat kehormatan saat menjadi menteri.

Tahun 2004, saat era Megawati Soekarnoputri, pemerintah memberikan gelar jenderal bintang empat kehormatan pada Menkopolhukam Hari Sabarno dan Kepala BIN AM Hendropriyono. Di era Gus Dur, Agum Gumelar pun mendapat gelar jenderal kehormatan. Dulu ada kebiasaan memberikan gelar jenderal penuh bagi para purnawirawan yang diangkat menjadi menteri. Hal ini tak dilakukan lagi di era SBY.

Sebagai informasi, jabatan terakhir Prabowo Subianto di militer sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) dengan tiga bintang di pundaknya. Prabowo diangkat sebagai Pangkostrad pada 20 Maret 1998.

(dan/lp6/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan