Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran Versi Polisi

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo (Istimewa)

JAKARTA — Diprediksi sebanyak 85 juta masyarakat Indonesia akan melakukan mudik di libur Lebaran 2022 ini. Masyarakat pun menyambut baik lantaran dua tahun sebelumnya ada pelarangan mudik dari pemerintah akibat Covid-19.

Dengan tingginya antusiasme masyarakat yang kembali ke kampung halamannya, Polri pun memberikan tips-tips kepada masyarakat agar bisa mudik aman, sehat dan bahagia.

Bacaan Lainnya

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik, harus memastikan bahwa kondisi rumah yang akan ditinggalkan semuanya dalam keadaan terkunci, mulai dari pintu hingga jendela. “Tips aman antara lain, sebelum mudik pastikan rumah dalam keadaan terkunci,” ujar Dedi kepada JawaPos.com, Sabtu (23/4).

Kemudian, masyarakat yang mudik untuk tidak lupa memberitahukan kepada tentangga terdekat dan juga Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Hal itu dilakukan agar ada yang mengawasi rumah yang ditinggalkan tersebut.

“Infokan kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik. Dapat juga diinfokan kepada Bhabinkamtibmas untuk didata,” katanya.

Lebih lanjut Dedi mengimbau kepada masyarakat yang mudik Lebaran 2022 ini untuk tidak memakai perhiasan berharga yang berlebihan. Hal ini untuk mencegah terjadinya tindak kriminal.

Berikut ini tips aman meninggalkan ruamh mudik Lebaran 2022 yang aman dari Polri:

1. Sebelum mudik pastikan rumah dalam keadaan terkunci.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.