NASIONAL

Indonesia Dilanda Kemiskinan Ekstrem 2024, Begini Harapan Jokowi

RADARSUKABUMI.com – Presiden Joko Widodo menginginkan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia hilang pada 2024. Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, sejauh ini ada sekitar 9 juta orang berada di garis kemiskinan ekstrem.

“Kita harapkan nanti di 2024, untuk kemiskinan ekstrem ini bisa kita berada pada posisi nol,” kata Jokowi membuka rapat terbatas tentang Strategi Percepatan Pengentasan Kemiskinan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (4/3).

Jokowi melanjutkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan. Pada 2015, angka kemiskinan 11,22 persen. Sedangkan pada 2019, angka kemiskinan turun 9,22 persen.

“Angka di bawah 10 persen ini adalah capaian yang sangat baik. Namun pekerjaan besar belum selesai dalam rangka menurunkan angka kemiskinan. Masih ada 24,7 juta jiwa yang harus dientaskan dari kemiskinan karena itu ratas hari ini saya ingin menekankan beberapa hal,” kata dia.

Yang pertama, lanjut Jokowi, untuk bekerja lebih fokus lagi untuk menyasar penduduk yang sangat miskin. Berdasarkan standar angka kemiskinan internasional yang digunakan Bank Dunia, jumlah penduduk sangat miskin saat ini sebanyak 9,91 juta jiwa atau 3,371 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

“Oleh sebab itu kita bisa fokus menangani lebih dahulu yang 9,91 jiwa ini. Karena itu data tentang siapa dan di mana warga kita ini harus betul-betul akurat sehingga program bisa disasari tepat pada kelompok sasaran yang kita inginkan,” kata dia.

Yang kedua, tambah Jokowi, dirinya menginginkan strategi pengentasan kemiskinan betul-betul terkonsolidasi, terintegrasi dan tepat sasaran. Jokowi mendorong kementerian dan lembaga melakukan intervensi lewat program-programnya.

Seperti yang berkaitan dengan Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat, Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako dan Bantuan Pangan Nontunai. Selain itu, Program seperti Kredit Usaha Rakyat, Dana Desa, Mekaar dan Bank Wakaf Mikro juga dinilai bisa membantu masyarakat ekonomi bawah.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button