Gunung Anak Krakatau Erupsi Semburkan Abu Vulkanik 657 Meter

  • Whatsapp
Erupsi gunung Anak Krakatau

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 657 meter di atas permukaan laut pada pukul 22.35 WIB, Jumat (10/4/2020).

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) melalui aplikasi Magma Indonesia, Kementerian ESDM, yang dikutip di Jakarta, Sabtu (11/4/2020), erupsi tersebut terekam dalam seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm.

Bacaan Lainnya

“Seperti diinformasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM bahwa telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung, pada hari Jumat 10 April 2020 pukul 21.58 WIB dan pukul 22.35 WIB,” demikian pernyataan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono yang diterima Radarsukabumicom.

Aplikasi Magma Indonesia, magma.vsi.esdm.id itu juga menyebutkan aktivitas seismik ditandai dengan erupsi tremor yang terjadi terus menerus.

Berdasarkan pantauan kamera pengawas atau CCTV pada pos pemantauan Gunung Anak Krakatau, abu vulkanik berwarna hitam dan abu-abu itu bergerak ke arah timur dengan ketinggian sekitar 500 meter dari dasar kawah.

PVMBG menyebutkan tingkat aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda itu berada pada level II atau waspada.

PVMBG mengimbau masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius dua kilometer dari kawah. (izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *