Fakta Sebenarnya, Ternyata Ryan Curi Uang Habib Bahar Penyebab Kericuhan Terjadi

Ryan Jombang
Surat pernyataan Ryan Jombang soal kasus Habib Bahar (ist)

BOGOR— Perihal penganiayaan terpidana mati kasus pembunuhan mutilasi Ryan Jombang oleh Habib Bahar Smith di Lapas Gunung Sindur, Bogor, akhirnya terungkap fakta sebenarnya.

Ternyata penyebab penganiayaan Very Idham Henyansyah alias Ryan bukan berawal dari utang 10 juta yang diklaim dipinjam Habib Bahar. Fakta sebenarnya, Ryanlah yang mengambil uang Habib Bahar di Lapas Gunung Sindur.

Bacaan Lainnya

Hal itu terungkap dalam surat pernyataan yang langsung ditandatangani Ryan di atas materai. Surat pernyataan Ryan Jombang soal kasus Habib Bahar (ist)

Surat pernyataan Ryan tersebut didapati langsung pengacara Habib Bahar, Novel Bamukmin. “Saya selaku pengacara Habib Bahar menyampaikan fakta yang sebenarnya, Ryanlah yang mengambil uang Habib Bahar hingga memicu permasalahan,” kata Novel kepada Pojoksatu.id, Jumat (20/8/2021).

BACA JUGA : Wapres Maruf : cita-cita kita untuk mengejar Indonesia maju

Dalam surat peryataan itu, Ryan juga mengakui bahwa dirinya lebih dulu bersalah. Bahkan tuduhan Habib Bahar telah meminjam uang 10 juta kepada dirinya itu tidaklah benar.

“Bahwa sangat tidak benar kalau Habib Bahar meminjam uang 10 juta kepada saya. Dan tidak pernah meminjam sama sekali,” ujar Ryan dalam surat peryataannya itu.

Sebelumnya, versi pengacara Ryan, Kasman Sangaji menyampaikan, insiden itu terjadi hari Minggu. Namun dia tidak menjelaskan tanggal detailnya, apakah hari Minggu (15/8) atau Minggu pekan.

BACA JUGA : Ketua DPR RI Puan : Melawan Covid-19 Sama Seperti Perang Dunia II

Kasman menuturkan dugaan penganiayaan itu dipicu utang. Kliennya Ryan Jombang memiliki uang Rp 10 juta dari hasil kiriman orang tua dan keluarganya di Jombang. Uang itu ditabung sejak terpidana mutilasi itu dipenjara di berbagai lapas sejak 2009.

Namun Kasman tidak menjelaskan berapa uang yang dipinjam Habib Bahar dari Ryan Jombang. “Kalau permasalahan awalnya itu sebenarnya masalah sepele, jadi Habib Bahar ini beberapa bulan lalu sering meminjam uang ke Ryan, pinjam kadang diganti dan kadang tidak, cuma ketika Ryan meminta [menagih] tidak dikasih,” ujar Kasman, kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *