Ditunjuk Jadi Calon Panglima, Andika Perkasa Beberkan Pesan Jokowi

KSAD Jenderal Andika Perkasa saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan komisi I DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Presiden Joko Widodo mengusulkan calon tunggal KSAD Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Jenderal Andika akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun pada bulan ini. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

JAKARTA — Komisi I DPR telah menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Saat diwawacarai awak media, Andika Perkasa mengaku Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan khusus kepadanya agar saat menjadi Panglima TNI bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. “Melaksanakan tugas yang terbaik, dari beliau begitu,” ujar Andika di Gedung DPR, Jakarta, Sabtu (6/11).

Bacaan Lainnya

Mantan Pangkostrad ini mengaku tidak mengetahui secara pasti kapan ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi calon Panglima TNI. Namun dia menegaskan, siap mengemban amanah yang diberikan oleh kepala negara ini.

“Saya siap untuk melakukan apa yang harus dilakukan pada tahap selanjutnya,” ujar Andika.

Sementara, saat disinggung mengenai calon KSAD berikutnya, Andika menyerahkan kepada Presiden Jokowi. Andika enggan berandai-andai mengenai kandidat kuat Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono yang akan memimpin KSAD.

“Biarkan presiden kan kewenangan presiden. Saya mendukung semua,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Andika Perkasa untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November 2021 ini.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menuturkan bahwa persetujuan Komisi I DPR terhadap Andika Perkasa menjadi Panglima TNI lantaran telah melakukan rapat internal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.