Diam-diam Megawati Sudah Setor Nama Ahok ke Jokowi jadi Kepala Otorita IKN, Alasan Mengejutkan

Jokowi dan Ahok
Presiden Jokowi dan Ahok

JAKARTA – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ternyata telah mengusulkan nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke Presiden Joko Widodo jadi Kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Hal tersebut disampaikan Sekertaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (27/1/2021). “Bu Mega sudah berdialog dengan Presiden Jokowi terkait nama kepala IKN. Nama Ahok jadi usulan,” kata Hasto.

Bacaan Lainnya

Menurut Hasto, diusulkannya nama Ahok karena dinilai mempunyai kemampuan untuk memimpin IKN. Apalagi, pria yang saat ini menjabat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) itu pernah menjadi wakil Gubernur dan Gubenur DKI Jakarta.

“Kami rasa itu sudah pengalaman yang baik dan menjadi pertimbangan untuk mengusulkan namanya,” ungkap Hasto.

Kendati demikian, lanjut Hasto siapa yang nanti dipilih Presiden Jokowi menjadi ketua IKN merupakan hak prerogatifnya.

“Kita hargai karena itu hak progratif seorang Presiden, tetapi menjadi calon kepala otorita IKN itu harus orang komprehensif serta memahami kultur kebudayaan dan tata kota yang baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemerintahan Ibukota Negara Nusantara nantinya akan berbentuk pemerintah daerah khusus. Sementara pemimpin daerahnya adalah kepala otorita yang dipilih langsung oleh presiden.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.