Cerita Menko Luhut Naik Kereta Cepat, : Nyaman, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit

Rasakan Naik Kereta Cepat, Menko Marves Luhut: Nyaman, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit-KCIC-
Rasakan Naik Kereta Cepat, Menko Marves Luhut: Nyaman, Jakarta Bandung Hanya 45 Menit-KCIC-

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B Pandjaitan, merasakan sensasi langsung naik LRT Jabodetabek dan Kereta Cepat JAKARTA-Bandung (KCJB) pada sesi uji coba, Kamis 22 Juni 2023.

“Saya merasakan sensasi kenyamanan dan kecepatan yang luar biasa, jarak Halim – Padalarang yang mencapai 125 kilometer ditempuh hanya dalam waktu 25 menit saja. Dilanjutkan dengan kereta feeder menuju pusat kota Bandung yang memakan waktu 20 menit, sehingga total waktu tempuh Jakarta-Bandung dengan menggunakan KCJB hanya 45 menit,” ungkap Menko Luhut.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, kenyamanan yang dirasakan membuktikan bahwa kereta cepat adalah pilihan transportasi yang smooth dan seamless untuk perjalanan dari Jakarta menuju pusat kota Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Menko Marves Luhut beserta jajaran merasakan kecepatan kereta yang mencapai hingga 350 km/jam. Kecepatan tersebut telah sesuai dengan ketentuan kecepatan yang ditetapkan ketika kereta cepat tersebut beroperasi nantinya.

“Kedepan itu akan ada 68 kali perjalanan/hari dengan rata-rata penumpang 600 orang dalam satu kali perjalanan. Saya kira akan membuat orang lebih nyaman datang kemari (menggunakan KCJB). Dan saya terima kasih kepada tuan Liu (Chairman China Railway), yang betul-betul ini beliau punya pengalaman di tiongkok itu 40 ribu km (membuat) kereta api cepat. Jadi mereka sangat advance,” tuturnya.

Menko Marves Luhut kemudian menerangkan bahwa pihak China Railway (CR) bersedia melakukan transfer teknologi pada Indonesia. Hal itu menurutnya berkat dukungan program hilirisasi yang dilakukan pemerintah sehingga kedepan bahan-bahan kereta cepat akan buatan dalam negeri.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, juga membagikan pengalamannya saat naik Keceta Cepat Jakarta Bandung tersebut. “Aspek keamanan menjadi salah satu aspek penting yang kita amati pada uji coba ini. Tadi saya kira safe ya. Berkaitan dengan prasarana, tidak ada goyangan. Itu menunjukan rel di konstruksi dengan baik. Kita juga merasakan sound barrier juga, kita bisa berbicara normal di dalam,” ungkap Menhub Budi.

Menhub Budi mengutarakan terima kasih kepada Menko Luhut atas arahan dan kepemimpinannya sepanjang proyek tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *