Catat, Pertamina Larang Motor Bermesin di Atas 250 cc Beli Pertalite

Warga dibantu petugas melakukan pengisian bahan bakar
Warga dibantu petugas melakukan pengisian bahan bakar jenis Pertalite di salah satu SPBU di kawasan, Kuningan, Jakarta, Selasa, (28/6/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga berencana mengatur pembelian Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Khusus Penugasan (JBKP) seperti Pertalite dan juga BBM Solar Subsidi. Pembeli Pertalite diwajibkan untuk mendaftar ke website MyPertamina mulai 1 Juli 2022 ini. FOTO: SALMAN TOYIBI/JAWA POS

JAKARTA —  Irto Ginting selaku Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga menyatakan sebesar 60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan kaya ini mengonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM bersubsidi. “Sebanyak 40% masyarakat rentan dan miskin hanya mengonsumsi 20% dari total subsidi energi tersebut,” kata Irto Ginting.

Penggunaan subsidi tidak tepat sasaran ini mendorong Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial and Trading Pertamina mengupayakan mekanisme yang dapat memastikan subsidi tetap sasaran.

Bacaan Lainnya

Irto menambahkan kalau subsidi yang tepat sasaran ini penting, mengingat Pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp 520 triliun untuk subsidi energi pada tahun 2022.

Upaya menciptakan mekanisme penyaluran BBM Subsidi tersebut juga merupakan pelaksanaan dari Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Pertamina nantinya akan membatasi penggunaan bahan bakar subsidi RON 90 atau Pertalite bagi sepeda motor dengan mesin di atas 250 cc. Namun ketentuan terkait hal tersebut saat ini masih dipersiapkan.

Seperti diketahui motor dengan mesin di atas 250 cc cukup banyak beredar di Indonesia yang pada umumnya berada pada segmen premium atau kategori Big Bike. Motor roda dua yang dibekali dengan mesin dengan kubikasi di atas 250 cc yang beredar di Indonesia untuk merek Honda diantaranya CB650R, CB500X, CBR600RR, CBR1000RR, X-ADV, CRF1100L Africa Twin Adventure Sport, sampai dengan Gold Wing.

Pos terkait