Buntut Ajakan Jokowi Beli Babi Panggang, Anak Buahnya Langsung Minta Maaf

  • Whatsapp
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Presiden Jokowi

JAKARTA – Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi meminta maaf atas beredarnya video Presiden Jokowi ajak beli babi panggang alias bipang. Bipang adalah makanan khas Ambawang, Kalimantan Barat. Jokowi mempromosikan makanan tersebut dan videonya viral di media sosial.

Jokowi dihujat lantaran dalam video tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut babi panggang bisa menjadi salah satu kuliner khas daerah yang juga bisa dibawa untuk oleh-oleh mudik.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato dalam rangka peringatan Hari Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan. Potongan video Jokowi promosi babi panggang disebar warganet. Video itu telah diedit.

Narasi pada caption video tersebut mempertanyakan mengapa Jokowi mempromosikan bipang Ambawang pada saat Lebaran. Potongan video Jokowi ajak beli babi panggang langsung diklarifikasi oleh anak buahnya, Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi.

Ia mengatakan, maksud dari Presiden Jokowi adalah mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal. “Berkaitan dengan pernyataan mengenai Bipang Ambawang, kita harus melihat dalam konteks secara keseluruhan,” ucap Luthfi dalam video yang diunggah di akun Instagram miliknya, dikutip pojoksatu.id, Sabtu (8/5/2021).

“Pernyataan Bapak Presiden ada dalam video yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal,” sambungnya.

Luthfi Minta Maaf

Menurut Luthfi, pernyataan Jokowi itu ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku agama dan budaya kuliner Nusantara dari berbagai daerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *