Asrorun Niam Sholeh jadi Profesor Ilmu Fikih UIN Jakarta

Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam
Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh diapit Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kanan) dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi (kiri). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi Asrorun Niam)

JAKARTA — Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh menjadi Profesor atau Guru Besar bidang Ilmu Fikih pada Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Surat Pengangkatannya ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan diserahkan usai Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI di Jakarta, Selasa. “Jabatan guru besar ini sebagai amanah yang menuntut adanya tanggung jawab. Ini di satu sisi sebagai pengakuan atas capaian akademik, tapi di sisi lain ada tanggung jawab untuk terus meningkatkan kapasitas dan kontribusi akademik,” ujar Niam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Bacaan Lainnya

Niam mengatakan pencapaian jabatan akademik ini sebagai bentuk pengakuan atas konsistensinya di bidang akademik, meski dirinya banyak berkiprah di pemerintahan dan berbagai ruang perkhidmatan.

“Meski secara formal selama ini saya memperoleh penugasan di luar kampus, namun selama ini saya tidak pernah meninggalkan dunia akademik, masih terus mengajar. Gen saya adalah gen kampus,” kata Niam.

Pria yang menjabat Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora ini mengaku selama ini memperoleh penugasan di berbagai bidang perkhidmatan. Selama dua periode, ia diberi amanah sebagai Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Pos terkait