NASIONAL

Anies: Hanya 15 Persen Jakarta Kebanjiran, 85 Persen Tetap Aman

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim tidak semua wilayah ibu kota terdampak banjir. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, hanya 15 persen wilayah Jakarta yang terdampak banjir pada Rabu (1/1).

“Alhamdulillah, 85 persen wilayah Jakarta aman. Ada 15 persen yang terdampak, dan 15 persen itu ada di bawah satu persen yang ketinggian airnya di atas 1,5 meter,” kata Anies ditemui di Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, Minggu (5/1).

Anies mengatakan, pompa air milik Pemprov DKI Jakarta bekerja maksimal sehingga 85 persen wilayah ibu kota terbebas banjir. Setidaknya, kata dia, DKI 478 pompa yang tersebar di 276 lokasi

“Artinya secara sistem, kesiapan kami alhamdulillah baik,” lanjut dia.

Anies secara khusus menyoroti petugas yang secara terus-terusan mengontrol 478 pompa air di lebih dari 140 lokasi, sehingga alat tersebut bisa beroperasi 24 jam tanpa henti setiap hari.

“Alhamdulilah pompa berfungsi dengan baik, indikasinya kemarin ketika hujan deras luar biasa itu, 85 persen wilayah Jakarta itu aman dan jumlah curah hujannya luar biasa bertahap bisa dialirkan. Saya apresiasi sekali seluruh jajaran yang bekerja 24 jam menguras air untuk bisa kembali kering,” katanya di Kampung Pulo, Jakarta, Sabtu (4/1).

Loading...

Pemprov DKI Jakarta, kata Anies, tetap bersiaga menghadapi potensi hadirnya banjir. Terlebih, BMKG memprediksi bahwa hujan dengan curah hujan tinggi akan kembali melanda Jakarta dalam sepekan ke depan.

“Besok kami akan lebih siaga lagi terutama di tempat-tempat yang memiliki risiko ekstra,” timpal dia.

Sebagai informasi, hujan dengan intensitas tinggi terjadi pada 1 Januari 2020 kemarin. Setelah itu, sejumlah wilayah menhalami banjir seperti di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. (mg10/jpnn)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button