19 RT di Jakarta Diterjang Banjir, Ini Datanya

Banjir di Komplek Polri Pondok Karya
Banjir di Komplek Polri Pondok Karya, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat beberapa titik banjir wilayah DKI Jakarta pada Sabtu, 5 November 2022. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JAKARTA -– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan hingga pukul 17.00 WIB, banjir meluas hingga 19 RT di Ibu Kota. Ketingian air paling tinggi mencapai hingga sepusar orang dewasa. Hal itu dikarenakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta.

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 2 RT, saat ini menjadi 19 RT,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (4/1).

Bacaan Lainnya

Isnawa mengatakan, BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan. “Dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat,” katanya.

BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop.

Adapun data wilayah terdampak yang masih terdampak banjir adalah sebagai berikut:

Jakarta Timur terdapat 1 RT yang terdiri dari Kelurahan Tengah dengan ketinggian air mencapai 50 cm. Penyebab curah hujan tinggi.

Jakarta Selatan terdapat 18 RT yang terdiri dari:

Kelurahan Cipulir
– Jumlah: 1 RT
– Ketinggian: 60 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi

Pos terkait