Waspada, Sukabumi Dihantui Pohon Tumbang

SUKABUMI— Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mewaspadai potensi terjadinya pohon tumbang akibat cuaca buruk. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir ini terjadi cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan deras disertai angin kencang.

Kepala Seksi pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami menyebutkan kewaspadaan menghadapi bencana khususnya di daerah rawan bencana harus ditingkatkan salah satunya potensi pohon tumbang akibat terjangan angin kencang.

Bacaan Lainnya

Hal ini kata Zulkarnain dikarenakan kasus pohon tumbang dilaporkan terjadi pada Kamis (30/11) malam. Ia menerangkan kejadian pohon tumbang ini terjadi di dua titik berbeda.

Kejadian pertama, ungkap Zulkarnain, terjadi di Jalan Cimanggah, Kecamatan Cikole.

Selanjutnya kasus pohon tumbang di Jalan Ciseureuh, Kecamatan Gunungpuyuh.

Kedua kasus pohon tumbang ini telah ditangani oleh petugas dan warga di lapangan.

“Warga harus meningkatkan kewaspadaan khususnya ketika terjadi hujan yang disertai angin kencang. Hal ini, kata dia, dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban akibat bencana,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyebukan pemerintah telah meminta petugas di lapangan untuk siaga menghadapi bencana di tengah kondisi cuaca ekstrem.

“Petugas mulai dari kelurahan, kecamatan hingga pemkot serta relawan dan masyarakat diminta siaga menghadapi bencana,’’ ungkapnya.

Kesiapsiagaan ini diperlukan karena tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini sehingga dikhawatirkan menimbulkan bencana.

Terutama kata dia di kawasan yang rawan terjadi bencana baik longsor maupun yang lainnya.

Ditambahkan Fahmi, pemkot juga meminta warga mengantisipasi terjadinya pohon tumbang di sejumlah titik yang rawan.

Oleh karenanya instansi terkait diminta untuk memantau sejumlah pohon yang berpotensi tumbang untuk diberikan penanganan. (cr11/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.