Tawon Vespa di Kota Sukabumi Masih Gentayangan

Tawon Vespa Sukabumi
Sejumlah petugas Damkar Kota Sukabumi saat melakukan evakuasi sarang tawon

SUKABUMI — Tim Animal Rescue Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Sukabumi, berhasil mengevakuasi sebanyak 75 sarang tawon vespa yang berada di pemukiman warga.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi mengatakan, evakuasi sarang tawon ini dilakukan hasil dari laporan warga.

Bacaan Lainnya

“Saat ini banyak warga yang mengadukan terkait banyaknya sarang tawon di sekitar pemukiman warga. Karena khawatir mengganggu warga sekitar sehingga petugas cepat respon melakukan evakuasi,” kata Sudrajat kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Lanjut Sudrajat, petugas penyelamatan Damkar sudah dibekali beberapa perlengkapan dan keterampilan khusus.

Sarang tawon disemprot obat pembasmi serangga, lalu beberapa lubang disumpal agar tak ada tawon yang keluar sarang menyerang petugas. “Alhamdulillah dengan ke hati-hatian sejauh ini proses evakuasi bisa diselesikan dengan baik,” imbuhnya.

Sejauh ini lanjut dia, belum ada laporan warga yang disengat di wilayah tersebut. Namun pihaknya menghimbau kepada warga untuk tetap waspada. “Jika terdapat kembali sarang tawon yang dapat membahayakan segera lepaorkan kepada petugas Damkar,” ucapnya.

Disinggung soal evakuasi ular, Sudrajat menernagkan, selama 2022 lalu terdapat 53 ular yang berhasil dievakuasi petugas. “Kebnayakan ular yang dievakuasi tersebut jenis ular piton. Nantinya, ular ini akan kembali dilepas liarkan,” cetusnya.

Sudrajat menambahkan, sejauh ini Damkar belum menerima laporan baik dari masyarakat maupun petugas dilapangan adanya korban jiwa maupun korban luka.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, jika melihat atau mengetahui terjadinya kebakaran maupun sarang tawon dan lain-lainnya yang dapat membahayakan, segera laporkan kepada kami melalui nomor kontak 0266 222155,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait