Tahun Ini PSDKU IPB Diterget Selesai

CIBEREUM— Kota Sukabumi patut berbangga diri, sebab rencananya pembangunan gedung Program Study di Luar Kampus Utama (PSDKU) Institute Pertanian Bogor (IPB) akan dibangun dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Direktur Program Pendidikan di Luar Kampus Utama (PPLKU) IPB Kota Sukabumi, Wawan Oktariza mengungkapkan, saat ini lokasi kampung yang berada di Kecamatan Cibereum tersebut sedang tahapan pemetaan lokasi. Dimana untuk tahun 2018 ini akan dibangun Gedung akademik dan Gedung Adsministrasi diatas tanah 7.000 meter persegi.

“Kita mendapatkan bantuan dari Provinsi Jawa Barat, sebesar Rp 40 milyar untuk pembangunan dua lokasi tersebut,” ujar Wawan Oktariza kepada Radar Sukabumi, kemarin (19/3).

Tidak hanya itu, pada pembangunan tersebut rencananya dilengkapi labotarium perternakan, teknologi industri benih dalam bentuk lahan pertanian, dan Perikanan. “Untuk pembangunan laboratorium kita mendapatkan suntikan Rp 10 miliar jadi total seluruhnya Rp 50 miliar,” terangnya.

“Adapun untuk peletakan batu pertama akan dilakukan oleh Gubernur Jawa barat, Ahmad Haryawan yang direncanakan pada bulan April mendatang,” sambung dia.

Ia mengaku, luas lahan yang dihibahkan Pemprov Jawa Barat untuk pembangunan PSDKU IPB di Kota Sukabumi ini seluas 14,1 hektar. Luas lahan tersebut secara otomatis sudah dihibahkan kepada Kementtian Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan dihak patenkan kepada IPB.

Selain itu, pihaknya saat ini sedang melakukan pengajuan penambahan luas lahan sekitar 10 sampai 15 hektar, sehingga lahan yang dimiliki IPB bisa mencapai 24 hingga 30 hektar. “Karena diaturan pembangunan sebuah kampus baru, harus memiliki luas lahan seluas 25 hektar,” aku dia.

Tidak hanya kampus ungkap dia, luas lahan yang dimilikinya saat ini akan dibangun pula asrama mahasiswa yang nantinya diusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sehingga kedepannya, akan dijadikan komplek pendidikan IPB.

“Kita berharap dari enam prodi yang ada, setiap angkatannya akan meluluskan sebanyak 300 lulusan,” harapnya. (cr17/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.