Satlantas Polres Sukabumi Kota Tilang 1.000 Pengendara Pelanggar Lalin

AKP Tejo Reno Indratno
Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno

SUKABUMI — Jajaran Satlantas Polres Sukabumi Kota, mencatat selama Januari hingga Juli 2022 terdapat sekitar 1.000 pengendara yang dilakukan penindakan tegas dengan cara ditilang. Hal itu, dilakukan sebagai efek jera bagi para pelanggar lalu lintas (Lalin).

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno menjelaskan, selama satu semester ini kurang lebih ada 1.000 hingga 5.000 pengendara yang dilakukan penilangan karena melanggar lalu lintas.

Bacaan Lainnya

“Sepanjang tahun ini, kami menargetkan penilangan secara maksimal. Khususnya, untuk pelanggarakan yang mengarah ke fatalitas,” kata Tejo kepada Radar Sukabumi, Jumat (15/7).

Lanjut Tejo, mayoritas pelanggaran yang dilakukan pengendara yakni, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), kendaraan menggunakan knalpot bising, kelengkapan motor tidak ada, pengendara di bawah umur dan kendaraan termasuk kendaraan yang over loading.

“Penindakan tersebut, dilaksanakan secar nerjenjang. Mulai sosialisasi tata tertib lalu lintas hingga melakukan penindakan,” ungkapnya.

Menurutnya, sejauh ini kesadaran masyarakat terhadap aturan lalu lintas masih minim. Terbukti, sasih banyaknya pengendara yang berkedapatan melanggar Lalin.

“Karena itu, kami terus berupaya mensosialisasikan cara berlalulintas yang baik khususnya terhadap para pelajar mulai tingkat SMP hingga SMA,” ucapnya.

Tejo menghimbau, masyarakat agar menggunakan perlengkapan keselamatan saat berkendara. Seperti, menggunakan helm serta membawa SIM dan STNK.

“Kami himbau pengendara dapat mematuhi aturan lalu lintas terutama menggunakan helm. Hal itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (bam)

Satlantas Polres Sukabumi Kota
Jajaran Satlantas Polres Sukabumi Kota saat melakukan himbauan keselamatan lalu lintas kepada para pengendara

Pos terkait