Rayakan HUT ke-77 RI, PMI Kota Sukabumi Tanam 77 Bibit Pohon di 7 Kecamatan

PMI Kota Sukabumi
Relawan PMI Kota Sukabumi saat menanam secara simbolis 77 bibit pohon dalam rangka HUT ke-77 RI

RADAR SUKABUMI PMI Kota Sukabumi memiliki cara tersendiri dalam merayakan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-77 Republik Indonesia tahun ini, yakni dengan melakukan penanaman bibit pohon. Salah satu rangkaiannya adalah menggelar seminar Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim dengan menggandeng Yayasan Konservasi Indonesia dan Mitra program dari Yayasan Semangat Konservasi Indonesia (Semak)  yang dilaksanakan di Aula Markas PMI Kota Sukabumi, Senin (15/8).

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengatakan, sebanyak PMI Kota Sukabumi akan menanam sebanyak 77 bibit pohon. Jumlah tersebut menyesuaikan HUT ke-77 RI saat ini.

Bacaan Lainnya

“Ada 77 bibit pohon yang PMI Kota Sukabumi. Bibit tersebut kami sebar ke 7 kecamatan se-Kota Sukabumi. Kami berikan ke pengurus PMI tingkat kecamatan dan relawan-relawan,” kata Suranto kepada Radar Sukabumi.

Dalam pelaksanaannya, secara simbolis penanaman pohon dilakukan di sekitar bantaran sungai Cipelang dengan bekerjasama dengan pihak Sekolah di SMP IT Hayatan Thoyyibah, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gununugpuyuh

“Melalui rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Ke-77 RI tahun ini. PMI Kota Sukabumi berusaha hadir dengan memaknai sebagai upaya kesadaran bersama mereflekasikan perjuangan dalam upaya penyelamatan lingkungan sebagai mitigasi akan dampak perubahan iklim global saat ini,” ujar Suranto.

Suranto menegaskan, melalui aksi penghijauan berupa penanaman pohon, sebagai upaya PMI dalam ikut melestarikan alam sebagai upaya mitigasi bencana dampak perubahan iklim yang sangat menghawatirkan saat ini kondisinya.

“Fenomena perubahan iklim telah terjadi dan semakin signifikan di Indonesia, bahkan dunia. Hal tersebut menyebabkan pergantian musim yang tidak dapat ditebak dalam setiap tahunnya. Dampak perubahan iklim tersebut dirasakan sebagai penyebab pemicu timbulnya berbagai bencana hidrometeorologi saat ini,” ucap Suranto. (izo)

Pos terkait