KOTA SUKABUMI

Program Kesehatan Diakui Pemerintah Pusat dan Provinsi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Sukabumi. Hal itu lantaran, dua program layanan inovasi di bidang kesehatan yang diluncurkan Pemkot Sukabumi mampu mempermudah warga dalam mendapatkan layanan kesehatan. Pernyataan tersebut diungkapkan Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, belum lama ini. Menurut dia, dua layanan kesehatan itu yakni layanan homecare dan rumah singgah untuk warga yang mendapatkan rujukan ke rumah sakit di Bandung. “Melaului homecare, warga mendapatkan layanan kesehatan berupa mendapatkan kunjungan dari petugas medis ke rumahnya. Dimana program ini untuk menjangkau warga yang tidak bisa menjangkau layanan puskesmas maupun rumah sakit. ,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, belum lama ini.

Fahmi menambahkan, pada progran homecare ini melibatkan sejumlah perawat yang terakreditasi. Para perawat ini setiap hari mengecek dan memberikan pelayanan kesehatan langsung di rumah warga yang bersangkutan. “Kita melibatkan organisasi profesi seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan ke depan akan bergabung yang lainnya,” tambahnya.

Layanan homecare ini ungkap Fahmi informasinya akan diadopsi oleh pemerintah pusat. Hal ini menjadi tanda inovasi layanan Sukabumi mendapatkan pengakuan dari pemerintah.

Program lainnya yakni Rumah Singgah bagi pasien asal Sukabumi yang dirujuk ke RSHS Bandung dan rumah sakit lainnya juga menjadi inovasi yang diapresiasi pemerintah. Di mana warga asal Sukabumi bisa tinggal untuk sementara waktu di rumah singgah sambil menunggu pengobatan di rumah sakit. “Layanan rumah singgah ini dikerjasamakan dengan Rumah Zakat dan baru Sukabumi yang menjalankannya,” cetus Fahmi. Sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sukabumi. Selain dua layanan itu Kota Sukabumi juga membuka klinik sore. Di mana layanan puskesmas yang diberikan mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Layanan ini untuk memudahkan warga dalam mendapatkan layaan kesehatan di sore hingga malam hari.

 

(upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *