PMI Kota Sukabumi Gelar Finalisasi SOP Kesiapsiagaan Gempa Bumi Tingkat Kelurahan

  • Whatsapp
PMI Kota Sukabumi gelar Finalisasi SOP Kesiapsiagaan gempa bumi tingkat kelurahan di Kelurahan Baros. Foto: istimewa

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menggelar Finalisasi panduan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Kesiapsiagaan Gempa Bumi yang dilaksanakan di Kelurahan Baros, Kecamatan Baros Kota Sukabumi, Jumat (22/1/2021).

“Kegiatan ini merupakan rangkain dari tahapan kegiatan sebelumnya yang meliputi penyusunan dokumen SOP secara partisipatif di kelurahan, kemudian di uji coba melalui simulasi dan drill lapangan, dan tahap akhir dokumen akan di revisi serta dilakukan finalisasi untuk SOP kesiapsiagaan gempa bumi di kelurahan” ujar Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo

Bacaan Lainnya

Suranto menjelaskan, finalisasi SOP ini berisi dokumen yang mengatur peran dan fungsi masing-masing, untuk dikolaborasikan, sehingga menjadikan hasil kesepakatan dalam pembagian tugas saat penanggulangan bencana, siapa dan berbuat apa serta mengatur tugas pokok dan fungsinya

“Standard Operasional dan Prosedur ini disusun agar dapat digunakan sebagai acuan di kelurahan untuk melakukan respon awal dalam menanggulangi potensi dampak bencana Gempa Bumi,”Katanya.

Melalui kegiatan finalisasi ini juga ditekankan komitmen bersama dari semua unsur terutama dari pihak kecamatan dan kelurahan untuk rencana tindak lanjut keberlanjutan dari inisiasi SOP ini, seperti kesiapan mereka melakukan kegiatan simulasi evakuasi mandiri secara mandiri dilingkungannya untuk melakukan menguji dan mengaktifasi SOP yang sudah disusun bersama.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi dampak bencana gempa bumi baik dari sisi korban jiwa maupun harta. Sebab bencana ini sewaktu-waktu bisa terjadi. Seperti diketahui potensi ancaman sesar cimandiri itu aktif dan sering menimbulkan gempa bumi yang berpusat di Sukabumi meskipun kekuatannya kecil.

Menurutnya, Kegiatan ini merupakan rangkaian program kesiapsiagaan gempa bumi yang dilaksanakan melalui dukungan PMI pusat, USAID dan Palang Merah Amerika (Amcross) yang dilakukan di wilayah PMI Kota Sukabumi saat ini

Dalam kegiatan ini diikuti oleh peserta yang merupakan Tim Penyusun dokumen SOP dari unsur Muspika Kecamatan Baros, Polsek, Koramil, Puskesmas serta Pihak Kelurahan. Selain itu juga diikuti oleh sejumlah peserta dari relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang ada di kelurahan Baros dan Linmas Baros. (izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *