PKK Kota Sukabumi Sosialisasi Pencegahan Bullying

PKK Kota Sukabumi Cegah Bullying

SUKABUMI – Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi mengadakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Bullying (Perundungan), di Kecamatan Warudoyong, Senin (6/5/2024). Hadir dalam momen itu Penjabat (PJ) TP-PKK Kota Sukabumi Diana Rahesti.

Kegiatan ini sebagai edukasi secara masif kepada seluruh elemen masyarakat terkait bahaya nya perilaku bullying. Turut hadir dalam kegiatan itu pengurus TPPKK Kota Sukabumi, Ketua TPPK Kecamatan dan Kelurahan Se- Kota Sukabumi, Pokja Paud, Komite Sekolah SD, Pengurus Himpaudi, Pengurus IGTK, Pengurus IKP Kecamatan dan Kelurahan. Serta selaku Narasumber Didik Hardy.

Bacaan Lainnya

” Sosialisasi ini sebagai edukasi masif terkait bahaya bullying yang dilakukan baik oleh pelaku maupun korban yang akan memiliki dampak langsung terhadap kesehatan mental kepada kedua orang tersebut,” ujar Penjabat (PJ) TP-PKK Kota Sukabumi Diana Rahesti.

Dirinya mengajak rekan rekan pengurus TP-PKK agar dapat memperhatikan lingkungan di sekitarnya bilamana melihat perilaku bullying di lingkungan nya agar segera melerai dan memberikan edukasi bagi mereka. Agar kita dapat terus memberikan kesadaran dan dapat mengurangi serta menanggulangi perilaku perundungan atau bullying yang terjadi di kota sukabumi kedepannya.

” Harapan nya selepas kita mengikuti sosialisasi hari ini, akan ada langkah nyata yang kita lakukan serta melakukan edukasi kepada masyarakat, melalui sosialisasi sosialisasi yang akan dilakukan kedepannya agar nantinya perilaku bulyying semakin berkurang di kota sukabumi ini,” terangnya.

Dijelaskan Diana, belakangan ini kita sering mendengar di berbagai berita terkait kasus perundungan atau bullying yang terjadi di sebagian besar wilayah di negeri ini. Bullying adalah tindakan penindasan atau kekerasan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang guna menyakiti ataupun menyudutkan orang lain. Bullying bisa terjadi kepada siapa saja, namun biasanya sering dilakukan oleh anak usia remaja.

” Hal paling penting dari dampak bullying ini yang harus kita waspadai karena bisa mempengaruhi kesehatan mental korban maupun pelaku, seperti memicu timbulnya gangguan emosi, masalah mental, gangguan tidur, penurunan prestasi dan sebagainya,” jelasnya.

Ditambahkan Diana, terdapat beberapa faktor penyebab seseorang melakukan prilaku bullying terhadapan orang lain diantaranya yaitu rasa kuasa dan pengendalian dimana orang tersebut biasa nya ingin mendapatkan rasa puas ketika diri mereka mampu mengendalikan bahkan melukai orang lain.

Kemudian gangguan mental dan juga faktor sosial dan lingkungan juga merupakan salah satu penyebab seseorang melakukan prilaku bullying terhadap orang lain,” tandasnya.

Analisa:

Sosialisasi Pencegahan Perundungan oleh Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perundungan dan dampaknya. Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami tentang perundungan dan dapat mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari perundungan.

Peluang:

  • Kegiatan ini dapat direplikasi di kecamatan lain di Kota Sukabumi.
  • Sosialisasi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media, seperti media sosial, website, dan radio.
  • Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi dapat bekerja sama dengan organisasi lain, seperti sekolah, LSM, dan komunitas, untuk memperluas jangkauan sosialisasi.
  • Anak-anak dapat dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi, seperti sebagai pembicara atau peserta diskusi.

***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *