Perkuat Ketahanan Pangan, Kodim 0607 Kota Sukabumi Tanam Demplot Padi

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di wilayah, Kodim 0607 Kota Sukabumi bersama Pemerintah Kota Sukabumi menggiatkan demplot penanaman padi di lahan pesawahan milik pemerintah Kota Sukabumi, Kamis (16/7).

 Penaman padi di lahan satu hektar ini akan menggunakan pupuk Bios 44 yang pertama kali diciptakan oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo. Nantinya hasil panen padi akan diserahkan ke Bulog. “Program ini untuk menyiapkan lahan dalam memperkuat ketahanan pangan wilayah serta menjalankan perintah dari Kodam III Siliwangi dalam rangka membantu wilayah apabila kekurangan pangan,” ujar Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo kepada awak media disela-sela kegiatan.

Bacaan Lainnya

 Penanaman padi perdana yang dilaksanakan di kawasan dekat Makodim 0607/Sukabumi ini, dihadiri pula Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Ketua Komisi II DPRD Kota Sukabumi Ivan Rusvansyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi Andri Setiawan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang Dim XVII 0607/Kota Sukabumi Rinita Danang Prasetyo Wibowo, notaris dan PPAT Gunawan serta tamu undangan lainnya.

 Kota Sukabumi memperkuat ketahanan pangan dengan melibatkan sejumlah elemen masyarakat. Salah satunya Kodim 0607 Kota Sukabumi yang dengan menggiatkan demplot penanaman padi untuk mendukung ketahanan pangan daerah.

 Danang menambahkan, penanaman demplot padi dengan Bios 44 ini tidak hanya di sekitar Makodim 0607/Kota Sukabumi. Rencananya, akan berlangsung juga di wilayah Kecamatan Baros dan Cibadak Kabupaten Sukabumi yang juga daerah teritorial Kodim 0607/Kota Sukabumi. “Perlu diingat, Bios 44 ini murni organik, sehingga tidak ada efek apapu. Dan diharapkan, hasilnya pun bisa lebih bagus,” imbuhnya.

 Sementara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi sangat mendukung program yang digulirkan Kodim 0607//Kota Sukabumi ini. Menurut dia, kegiatan tersebut sebagai bukti kolaborasi antara pemerintah daerah dan aparat keamanan dalam bidang pangan. “Pemkot mendukung penuh program demplot ketahanan pangan Kodim 0607/Kota Sukabumi. Harapannya langkah ini jadi bagian memperkuat ketahanan pangan warga Sukabumi,” tambahnya.

 Kepala DKP3 Kota Sukabumi Andri Setiawan mengatakan, pemkot mendorong agar penanaman padi bisa menggunakan teknologi tepat guna. Sehingga ketahanan pangan bisa tetap terjaga. (why/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *