Pemerintah Siap Bantu Koperasi Media

KOPERASI MEDIA: Wakil Walikota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami di sela-sela Rakerda di salah satu hotel Jalan Siliwangi Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.

CIKOLE– Wakil Walilkota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami mengatakan pihaknya mendukung penuh apabila awak media membentuk koperasi khusus media.

Hal tersebut dikatakan usai menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Sukabumi 2019, di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Kamis (25/4).

Bacaan Lainnya

“Wartawan harus tertantang membentuk koperasi. Coba bentuk koperasi di lingkungan media untuk melengkapi kebutuhan yang diperlukan,”imbau Andri.

Ia mengatakan, rekan-rekan media perlu membentuk koperasi untuk kesejahteraan anggotanya. Misalnya, tambah Andri, Koperasi yang bergerak dalam penyediaan kebutuhan – kebutuhan wartawan.

“Silakan dibentuk, atur manajemennya. Contohnya jika rekan-rekan media butuh mesin cetak maka mesin nanti dikirim, tapi jangan sampai mesin dikirim namun yang menggunakan hanya beberapa orang dan koperasi ditinggal begitu saja, ” kata dia.

Ia mengaku, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan memfasilitasi pembentukan koperasi yang dilakukan masyarakat, termasuk awak media.

“Sekarang semuanya mudah. Kita fasilitasi segala kebutuhannya, termasuk permodalannya, ” tuturnya.

Andri menambahkan jika awak media di Kota Sukabumi siap dan serius membentuk koperasi, pihaknya akan memfasilitasi segala kebutuhan koperasi media setelah mengajukan proposal.

“Tinggal bikin proposal dan menjelaskan apa saja yang diperlukan kita pasti bantu. Asalkan memang betul berjalan dan mensejahterakan anggotanya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sukabumi, Ayep Supriatna menerangkan syarat utama pembentukan Koperasi.

“Minimal beranggotakan 20 orang dan siap melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT),” jelas Ayep.

Ia mengatakan, lembaga yang akan membentuk Koperasi harus beroperasi minimal selama dua tahun. (cr5/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan