Wali Kota Sukabumi Pastikan Kesehatan Hewan Jelang Idul Adha

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin saat melakukan pemantauan hewan kurban di Jalan Pajagalan Warudoyong Sukabumi, Rabu (6/7).

SUKABUMI – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi kembali melakukan pengecekan hewan kurban. Kali ini, dilakukan di lokasi penjualan hewan kurban milik Ichwan Hamid di Jalan Pajagalan, Kecamatan Warudoyong, Rabu (6/7).

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, pengecekan hewan kurban ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Alhamdulilah hari ini kami bersama Pak Kapolres, kembali melakukan pengecekan hewan kurban di beberapa titik. Hal ini, kami lakukan secara ketat untuk mengantisipasi PMK sebagaimana amanat dari pusat,” kata Fahmi kepada wartawan, Rabu (6/7).

Bacaan Lainnya

Lanjut Fahmi, tidak hentinya Pemkot Dukabumi meminta agar masyarakat yang akan berkurban untuk memilih hewan kurban yang sehat dan telah melalui pemeriksaan petugas. “Tentunya kita berharap pelaksanaan Idul Adha dan kurban ini dapat diikuti dengan kegembiraan, kebahagiaan dan hewan ternak pun bebas dari PMK,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah menandai hewan yang sudah diperiksa Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKP3) dengan ciri khusus yakni, kalung sehat. “Jadi kami juga meminta kepada warga masyarakat yang ingin berkurban untuk memilih hewan kurban yang sudah memiliki tanda khusus atau yang sudah diperiksa,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin menegaskan, Polres Sukabumi Kota tetap konsisten melakukan pemantauan terhadap perkembangan kesehatan setiap hewan kurban yang ada di lokasi penjualan hewan kurban. “Hasil pemantauan kami dan sesuai dengan informasi dari pihak pemerintah daerah, bahwa sampai dengan sekarang masih negatif PMK. Alhamdulilah situasi ini akan tetap di pertahankan dengan aktif melakukan pengecekan di sentra-sentra penjualan hewan kurban termasuk juga di rumah pemotongan yang ada,” tegasnya.

Pihaknya berharap, sampai dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha kondisi ini bisa tetap terjaga sehingga bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan tersendiri bagi umat muslim yang akan merayakan Idul Adha. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalisir adanya hewan kurban yang terjangkit PMK,” pungkasnya. (bam)

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin saat melakukan pemantauan hewan kurban di Jalan Pajagalan Warudoyong Sukabumi, Rabu (6/7).

Pos terkait