Tingkatkan Pelayanan, Dishub Kota Sukabumi Optimalkan Gedung Uji KIR

Kepala UPTD PKB Dishub Kota Sukabumi Endro SST
Kepala UPTD PKB Dishub Kota Sukabumi, Endro SST

SUKABUMI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, berupaya mengoptimalkan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang beberapa waktu lalu diresmikan di Kampung Nangela, Kelurahan/Kecamatan Baros.

Kepala UPTD PKB Dishub Kota Sukabumi, Endro SST mengatakan, dengan keberadaan Gedung PKB ini tentunya akan sangat menunjang dalam melakukan pengujian kendaraan.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya gedung ini tentunya pengujian KIR akan semakin optimal. Dimana, digedung sebelumnya terkendala lahan parkir hingga kebijakan pemerintah. Karena, di gedung sebelumnya tidak semua jenis kendaraan dapat dilakukan uji KIR,” kata Endro kepada Radar Sukabumi, Minggu (8/1).

Endro menambahkan, gedung PKB Dishub ini merupakan subsidi bantuan keuangan provinsi Jabar pada 2018 yang dibangun di lahan seluas 1,2 hektare. Sementara, pengadaan alat pengujian dari APBD Kota Sukabumi sejak 2019, 2020 dan 2022 serta alat di gedung lama dipindahkan ke lokasi baru.

“Setiap tahunnya layanan uji kendaraan Dishub melayani sekitar 4 ribu hingga 9 ribu unit kendaraan. Jenis kendaraan yang uji KIR yakni bus, truk dan angkot serta kendaraan umum lainnya,” bebernya.

Menurutnya, dengan adanya gedung baru ini bisa meningkatkan jumlah kendaraan yang melakukan uni KIR. Sebab, selain lokasi yang strategis juga sarana dan prasarananya lebih menunjang.

“Karena semua kendaraan saat ini bisa masuk ke bengkel untuk langsung di uji KIR. Dengan begitu tentunya jumlah kendaraan melakukan uni KIR akan lebih meningkat,” cetusnya.

Endro berharap layanan secara online seluruh kabupaten kota bisa laksanakan uji KIR. “Apabila ada kendaraan kabupaten bisa melaksanakan uji KIR di kota asalkan membawa rekomendasi dari daerah asal,” ungkap Ayi. Gedung baru ini bisa digunakan karena sudah ujicoba dan alhamdulillah antusias dari warga,” pungkasnya. (bam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *