Sony Hermanto Nakhodai DPUTR Kota Sukabumi, Kebersamaan Kunci Keberhasilan

Sony Hermanto
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi, Sony Hermanto

SUKABUMI – Pasca ditunjuknya sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi, Sony Hermanto mengaku, bakal melakukan pembenahan di sektor internal, yakni dengan memperkuat kekompakan antar bidang.

“Kunci keberhasilan sebuah organisasi itu adalah kebersamaan. Dimana semua organ-organ di tubuh organisasi itu saling mendukung sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam mewujudkan tujuan bersama,” ujar Sony kepada Radar Sukabumi, Selasa (17/1).

Bacaan Lainnya

Mengutip pernyataan seorang industrialis Amerika atau pendiri Ford Motor Company dan sponsor dari pengembangan teknik perakitan produksi massal, Hendry Ford, bahwa kunci keberhasilan adalah kebersamaan.

“Kebersamaan adalah permulaan. Di mana menjaga kebersamaan adalah kemajuan. Tapi yang lebih penting adalah, bekerja bersama adalah awal keberhasilan,” aku Sony.

Menurut dia, untuk mencoba mengilustrasikan hal tersebut akan diimplementasikan dengan menggelar apel pagi yang biasa dilaksanakan setiap senin pagi.

“Apa yang bisa dipetik dari pembelajaran saat kegiatan apel. Saya jelaskan, kepada para pegawai PU, bahwa apel itu adalah bagaimana kita bisa menjadi seorang yang dipimpin dan bisa menjadi orang yang memimpin,” ungkapnya.

Jika ditarik benang merah dari contoh tersebut kata Sony, bagaimana selaku ASN, harus membiasakan diri untuk bisa dipimpin dan memimpin. “Hari ini saya diberikan tugas untuk memimpin maka sudah seyogyanya yang lain itu mengikuti apa yang diperintahkan pimpinan sesuai dengan yang tersirat dalam apel tersebut,” ucapnya.

Sony menambahkan, saat pelantikan lalu, selaku Kepala Dinas PUTR yang baru, dia diminta untuk melanjutkan program yang telah dilaksanakan serta memastikan target-target pembangunan tercapai dan berkesinambungan.

“Menggenjot pembangunan, tapi jangan juga melupakan pemeliharaan. Kegiatan pemeliharaan itu harus terus dimaksimalkan sehingga terbangun dapat terjaga keberadaannya,” bebernya.

Sony menjelaskan, kegiatan insfrastruktur yang menjadi prioritas wali kota saat ini, selesai tepat pada waktunya. DPUTR juga akan memastikan tidak ada kegiatan fisik yang tidak selesai, memastikan keberdaan ruang terbuka hijau dan taman akan terpelihara dengan baik.

“Kemudian pedestrian terpelihara dengan baik, memastikan penataan ruang yang ketat sesuai dengan peruntukannya. Memastikan drainase khususnya irigasi perairan terpelihara dengan baik,” jelasnya.

Lanjut Sony, dirinya meminta kepada jajarannya untuk terus mengawal semua perizinan yang menjadi ranah dinas PU akan selesai dengan waktu yang telah ditentukan.

Artinya, perizinan itu tidak harus dibilang cepat tapi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh mekanisme yang ada. Terakit pembagian bidang tugas yang ada di dinas itu, semuanya sudah diatur sesuai tupoksinya masing-masing.

“Sekarang tinggal bagaimana mengarahkan, pejabat-pejabat struktural yang ada, bisa ikut berlari karena tidak mungkin membewa gerbong ini, kalau tidak ada yang berlari. Jadi semuanya sama-sama harus berlari,” pungkasnya. (Cr4/t)

Pos terkait