Perda Inovasi Kota Sukabumi, Masyarakat Bisa Sumbangsih Pemikiran

  • Whatsapp
Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah.

CIBEUREUM- Pemerintah Kota Sukabumi membuka secara luas aspirasi dan pemikiran masyarakat dalam upaya membangun Kota Sukabumi. Apalagi dengan terbitnya Peraturan Daerah ( Perda) Inovasi Daerah, dimana masyarakat bisa ikut terlibat untuk memberikan ide dalam memberikan inovasi pelayanan kepada masyarakat.

“Perda inovasi daerah kedepannya mengatur didalamnya pengajuan inovasi yang bukan dari unsur ASN saja, akan tetapi bisa dari Walikota, anggota DPRD, maupun dari masyarakat,”kata Plt Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah.

Bacaan Lainnya

Perda inovasi daerah ini telah ditetapkan melalui rapat paripurna DPRD Kota Sukabumi, Perda ini merupakan pertama di Jawabarat. Perda inovasi daerah ini juga didukung penuh oleh Walikota Sukabumi, bersama unsur DPRD.

Nantinya, baik ASN, maupun anggota DPRD dan masyarakat bisa mengajukan inovasi dalam hal pelayanan publik, maupun lainnya melalui bidang Litbang pada Bappeda. Nantinya bidang Litbang akan memverifikasi dan melakukan kajian untuk diajukan ke Walikota.

Menurut Reni, Perda inovasi daerah sangat penting untuk laporan ke Kemendagri dimana inovasi telah ada perda nya, sekaligus sebagai wadah untuk menaungi inovasi-inovasi baik dari ASN, DPRD maupun masyarakat.

Perda inovasi daerah dibentuk dengan tujuan meningkatkan kinerja pelayanan perangkat daerah serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik. “Bukan hanya itu perda inovasi daerah juga sebagai peningkatan daya saing daerah, pemberdayaan dan peran serta masyarakat,ā€¯tuturnya.

Disisi lain para ASN ketika mengikuti Diklat, mereka harus memiliki inovasi, tentunya dengan semakin banyak inovasi akan berdampak terhadap peningkatan pelayanan publik untuk semakin lebih baik. “Syarat mengajukan inovasi ke kami cukup mengajukan proposal ke bidang Litbang,”terangnya.

Dalam waktu dekat ini Bappeda juga akan menggelar kegiatan festival inovasi pada bulan Agustus mendatang, sebagai salah satu ajang untuk pemberian penghargaan atau reward kepada ASN maupun masyarakat yang telah mempunyai inovasi, ikut dalam lomba dan penilaian.

“Inovasi yang terbaik akan kita berikan reward, sesuai dengan amanah yang ada dalam Perda inovasi daerah,”ungkapnya. (bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *