Pemkot Sukabumi Dorong Revitalisasi Koperasi dan UKM

Sekda Kota Sukabumi
Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada, saat menghadiri saat menghadiri Rapat Kerja Daerah dan diklat perkoperasian dewan koperasi indonesia daerah (Dekopinda) Kota Sukabumi, Senin (12/12).

SUKABUMI– Pemerintah Kota Sukabumi mendorong revitalisasi koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menjalin kemitraan bersama usaha besar, untuk menuju kemajuan koperasi.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada mengatakan, dalam mendorong revitalisasi koperasi dan UKM, diperlukan terobosan untuk mewujudkan koperasi yang maju dengan menjalin kemitraan.

Bacaan Lainnya

“Revitalisasi koperasi telah menjadi tekad dan semangat gerakan koperasi untuk memperbaiki citra dan kinerja koperasi sekaligus meneguhkan koperasi sebagai entitas bisnis,’ “ujar Dida Kepada Radar Sukabumi, saat menhadiri Rapat Kerja Daerah dan Diklat Perkoperasian Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Sukabumi, Senin (12/12).

Menurut Dida, peringatan hari koperasi nasional ke-57 kali ini mengusung tema ‘Transformasi Koperasi untuk Ukonomi Berkelanjutan’.

“Untuk mewujudkannya diperlukan langkah terobosan dalam merevitalisasi koperasi antara lain bidang kelembagaan, manajamen usaha, dan Sumber Daya Manusia (SDM),” bebernya.

Dida menambahkan, kehendak untuk revitalisasi harus merupakan kesadaran kolektif yang dipahami seluruh komponen masyarakat koperasi termasuk Pemda. “Salah satu upaya mengatasi masalah itu yakni kemitraan KUKM dengan usaha besar,” ucapnya.

Komitmen dan kesungguhan kedua belah pihak mewujudkan prinsip kemitraan yakni saling melengkapi, memperkuat, membesarkan dan menguntungkan.

“Namun kemitraan antara KUKM dan usaha besar masih berlangsung dengan cara-cara kurang sehat yang ditandai masih belum terwujudnya kesetaraan dan masih lemahnya posisi KUKM,” ulasnya.

Dalam menjalin kemitraan terang Dida, mungkin sekali KUKM belum mampu memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan usaha besar. “Meski demikian, kemitraan harus dimulai dengan terlebih dahulu melakukan upaya meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan keterampilan, pelatihan dan magang,” terangnya.

Lanjut Dida, kemitraan adalah pilihan mutlak dalam pengembangan KUKM dan perlu dioperasionalisasikan tanpa menghambat laju pertumbuhan usaha besar dan harus tetap memberi ruang hidup bagi usaha kecil.

“Dekopinda Kota Sukabumi diharapkan untuk dapat merevitalisasi diri dan mewujudkan transformasi koperasi menuju pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya. (cr4/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *