Pemkot Sukabumi Dorong Perkuat Data Statistik Sektoral

pemkot sukabumi

SUKABUMI – Guna mendorong terwujudnya satu data Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi berupaya memperkuat data statistik sektoral.

Hal ini mengemuka dalam sosialisasi satu data yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Sukabumi di Kantor Bappeda Kota Sukabumi, Senin (27/6).

Bacaan Lainnya

Pada momen tersebut hadir Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi dan dari Forum Satu Data Kota Sukabumi.

Kepala Bidang Statistik, Persandian dan Keamanan Informasi (Stadiksi) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, Eneng Rahmi mengaku, Capaian statistik sektoral pada tahun 2021 telah mencapai 100 persen.

Di mana pada tahun ini akan terus diperkuat. Khususnya terkait pemenuhan data pada website opendata.sukabumikota.go.id. Oleh karenanya akan dibentuk operator pada masing-masing OPD.

“Setelah sebelumnya peran operator untuk menginput data dilakukan hanya oleh Diskominfo. Selain itu hal lain yang tengah digarap adalah interoperabilitas aplikasi, yang akan semakin memudahkan lalu lintas data antar OPD,” ujar Eneng.

Pembentukan operator data disetiap OPD ini penting. Kedepannya akan dibentuk tim teknis data pada setiap OPD dan Diskominfo sebagai wali data akan berperan sebagai pengelola.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Sukabumi, Urip Ageng Santoso menilai Forum Data Satu Kota Sukabumi sudah menunjukkan kemajuan yang berarti. Mekipun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti pelibatan instansi vertikal dalam penyediaan data. (*)pemkot sukabumi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar