Kembangkan Sorgum, Petani Cikundul Sukabumi Ikut Lomba Tingkat Jabar

Petani Sorgum Kelurahan Cikundul
Distan Jabar saat melakukan penilaian terhadap petani berprestasi Kelurahan Cikunul, Kecanatan Lembursitu

KOTA SUKABUMI — Petani Sorgum Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, mengikuti perlombaan penghargaan petani prestasi tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Lurah Cikundul, Agus Heriyanto mengatakan, lomba yang selenggarakan Pemerintah Provinsi Jabar tentang penghargaan petani berprestasi ini dari Kelurahan Cikundul saat ini sudah masuk tiga besar dan penilaian recheking karena memiliki inovasi pangan alternatif.

Bacaan Lainnya

“Karena Ibu Iis sebagai petani ini fokus menanam Sorgum. Bahkan, sudah memiliki rumah produksi untuk olahan,” kata Agus kepada Radar Sukabumi, Jumat (10/6).

Pengembangan tanaman Sorgum ini, lanjut Agus, di Kelurahan Cikundul sudah berkembang di lahan area seluas 1,5 hektar yang berada di Kampung Caringin RT1/5.

“Bahkan, hingga saat ini daerah luar daerah seperti, Banten dan Bogor sudah menyambangi kebun Sorgum karena untuk belajar mengembangkan pertanian tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, pengembangan Sorgum saat ini bukan hanya dijadikan sebagai makanan alternatif nasi saja. Tetapi, lebih dari itu dapat diproduksi menjadi makanan lainnya.

“Bahkan, produk Sorgum Ibu Iis ini sudah masuk dipasarkan di Online Shop. Alhamdulillah pengembangannya cukup bagus,” bebernya.

Dalam mendukung pengembangan Sorgum ini, sambung Agus, Pemerintah Kelurhan Cikundul bakal berupaya salah satunya memperbaiki akses jalan menuju perkebunan tersebut.

Dengan begitu, ketika ada warga dari luar daerah bisa dengan mudah melihat pertanian tersebut.

“Ya, kami akan berupayaemperbaiki akses jalan menuju perlebunan agar mudah dilalui kedepannya. Selain itu, dalam mendorong produk olahan Sorgum kami juga berencana memberikan mesin tepung yang nantinya bisa membuat olahan seperti kue yang berbahan Sorgum,” pungkasnya. (bam)

Petani Sorgum Kelurahan Cikundul
Distan Jabar saat melakukan penilaian terhadap petani berprestasi Kelurahan Cikunul, Kecanatan Lembursitu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan