Kecamatan Baros

Realisasikan Dua Bimtek, Pengadaan 18 Gerobak Sampah, dan TPT

Kelurahan Baros, Kecamatan Baros

RADARSUKABUMI.com – Ada dua kegiatan pemberdayaan Bimbingan Teknis, 18 pengadaan bak sampah di tiap RW, dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang dilaksanakan pada pencairan tahap pertama Dana Kelurahan 2019 untuk wilayah Kelurahan Baros.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Camat Baros, Budi Ruswandi, SH, MH yang diperkuat Sekretaris Kelurahan Baros dan Kasi PPM Kelurahan Baros, Ujang Solihin menerangkan ada dua kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang terlaksana pasca pencairan Dana Kelurahan 2019 di Kelurahan Baros. “Bimtek pertama Sosialisasi pencegahan dini penanggulangan bencana,”katanya.

Diikuti, imbuhnya, oleh sekitar 100 peserta dari anggota Linmas se-Kelurahan Baros dan unsur masyarakat lain, seperti dari PMI. Pelaksanannya di Gedung Motekar Kelurahan Baros pada 20 Agustus 2019.

Ia menambahkan nara sumber dari BPBD dan Dinsos. Menurutnya, peserta pelatihan dilatih mitigasi bencana dan penanganan pasca bencana. Bimtek kedua yang juga sudah terlaksana, imbuhnya, peningkatan kinerja pengolahan sampah.

Pesertanya sekitar 18 ketua RW dilaksanakan di aula kelurahan. “Para peserta dilatih oleh Dinas Lingkungan Hidup tentang pengelolaan persampahan termasuk pemilahan sampah dan, imbuhnya, bank sampah. “Ke-18 peserta masing-masing juga dibekali pengadaan gerobak sampah.Jadi totalnya 18 gerobak sampah,”katanya.

Adapun untuk kegiatan fisiknya, imbuh Sekretaris LPM Kelurahan Baros, Daniel memperkuat adalah membangun TPT sepanjang 104 meter di RW 16. “Hanya baru selesai setengahnya ini syaa Allah sisanya akan dikerjakan ketika bantuan dana kelurahan 2019 tahap kedua untuk Kelurahan Baros sudah cair,”kata LPM.

Sementara itu, kalau pencairan tahap kedua juga sudah cair, imbuh LPM, selain melanjutkan pembangunan TPT di RW 16 juga membangun Posyandu Delima di RW 07. Pada pencairan tahap kedua, imbuhnya, nanti juga direncanakan Bimtek untuk posyandu. (*)

Ajak Tingkatkan Prestasi

Budi Ruswandi 208x300 - Realisasikan Dua Bimtek, Pengadaan 18 Gerobak Sampah, dan TPT
Lurah Baros Budi Ruswandi, SH, MH dengan Walikota Sukabumi Achmad Fahmi

Lurah Baros Budi Ruswandi, SH, MH mengajak kepada staf pegawai dan seluruh warga Kelurahan Baros bersama-sama meningkatkan prestasi wilayah. Ia yang diperkuat stafnya bersyukur Kelurahan Baros termasuk wilayah berprestasi.

“Alhamdulillah Kelurahan Baros melalui RW 08 meraih Juara 2 Wimala Harjasa tingkat Kota Sukabumi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).In syaa Allah bersama Kelurahan Jaya Mekar ini juga mendapat penilaian Jawa Barat dan nasional oleh Kementrian LH dalam lomba Progklim atau Program Kampung Iklim di RW 08,”ucap syukurnya.

Kelurahan Baros juga pernah diikutsertakan pada penilaian sebagai Kelurahan Tangguh Bencana 2018, pihak Kelurahan Baros memperoleh sertifikat penghargaan. Pihak Kelurahan Baros juga pernah meraih Juara I untuk Lomba P2RW tingkat Kota Sukabumi. Inipun diwakili dari RW 08. (dit)

Kelurahan Kelurahan Baros
Kecamatan Kecamatan Baros
Alamat Jalan Garuda samping Alfamart Sukabumi 43161
Kontak (0266) 219 228
Luas Wilayah 179,15 Ha
Batas Wilayah Utara Kelurahan Sindang Palay Kecamatan Cibeureum
Batas Wilayah Selatan Desa Neglasari Kecamatan Nyalindung
Batas Wilayah Barat Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros
Batas Wilayah Barat Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros
Ketinggian Kelurahan 520,0
Jumlah RT & RW RT 62 RW 18
Jumlah Sungai 2
Jumlah Jalan Provinsi 2
Jumlah Jalan Kota 3
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *