Jatah Isbat Nikah di Kota Sukabumi Hanya 20 Pasangan di Tahun 2023

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi
Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi

CIKOLE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, berencana menyelenggarakan itsbat nikah gratis bargi warga kurang mampu. Hal ini, dilakukan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sukabumi yang jatuh pada April mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan, istbat nikah ini menjadi agenda tahunan dan menjadi salah satu program rutin Disdukcapil.

Bacaan Lainnya

“Program ini diakukan dalam menyambut HUT Kota Sukabumi pada April nanti dan sudah dilaksanakan selama empat tahun,” kata Kardina kepada wartawan, Jumat (6/1).

Kardina menyebutkan, kuota pada tahun ini terdapat sebanyak 20 pasangan. Jumlah ini, lebih sedikit di bandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 40 pasangan. Hal itu, terjadi akibat keterbatasan anggarannya yang ada.

“Sehingga jika yang mendaftar banyak, maka kami akan melakukan seleksi dahulu siapa yang yang akan berhak untuk itsbat nikah gratis ini,” ujarnya.

Adapun, sambung Kardina, syrat pendaftaranya diantaranya, mempunyai Kartu Keluarga (KK), yang diutamakan KKnya yang sudah bersatu tidak terpisah, fotocopy KTP suami istri, fotocopy akta kelahiran anak, fotocopy KTP saksi pada waktu nikah, dan surat keterangan tidak mampu dari keluranan.

Di awal tahun ini, jugq ada sosialisasi kepada warga dibantu kecamatan dan kelurahan untuk bisa melakukan validasi di data kependudukan.

”Terutama bagi pasangan yang perkawinan belum tercatat dan ini dikejar dan berkoordinasi dengan elemen lainnya seperti PKK,” bebernya.
Kardina mengulas, faktor pasangan belum tercatat secara negara mayoritas karena faktor ekonomi dan kesadaran

masyarakat yang terkadang cukup menikah secara agama. Padahal, dampaknya luar biasa terhadap istri, suami dan anak apabila tidak tercatat secara negara. “Dari data yang ada, masih cukup banyak yang belum tercatat,” pungkasnya. (cr4/t)

Pos terkait