Pemerintah Kota Sukabumi

Fahmi Apresiasi Pandangan Fraksi

CIKOLE – Walikota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan tanggapan dan atau jawaban atas Pemandangan Umum delapan Fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang APBD Kota Sukabumi 2020, dalam sidang paripurna DPRD Kota Sukabumi, Senin (11/11) malam.

”Kami menyampaikan apresiasi atas pemandangan umum delapan fraksi,” ujar Walikota Sukabumi Achmad Fahmi.

Fahmi mengatakan implementasi dari tugas pemerintah daerah dalam perencanaan program dan penganggarannya yang terangkum dalam RAPBD 2020 sebagai penjabaran lebih lanjut dari RPJPD, RPJMD, RKPD, KUA dan PPAS 2020.

Mungkin ini semua kata Fahmi, belum dapat memenuhi harapan semua. Pemandangan umum fraksi disampaikan secara obyektif dan korektif menjadi masukan positif bagi pemda untuk memberikan kontribusi keberhasilan pembangunan.”

Pemandangan umum yang disampaikan perwujudan sinergitas antara pemda dan DPRD. Selain itu sebagai sesama makhluk Allah yang tidak luput dari kesalahan dan kekhilapan,” ungkapnya.

Menanggapi pertanyaan, pernyataan dan saran dari fraksi tentang RAPBD 2020. Pertama kondisi realisasi belanja 2019 hingga minggu kedua Oktober realisasi belanja APBD mencapai 61,36 persen. Serapan belanja modal sebesae 24,79 persen.

“ Serapan akan didorong optimal untuk terus naik maksimal hingga akhir tahun anggaran,” jelasnya.

Penyusunan RAPBD 2020 lanjut Fahmi, sudah mempertimbangkan dan memperhatikan sinkronisasi dan prioritas pembangunan nasional dan provinsi. Selain itu tidak keluar dari dokumen yang disepakati bersama yakni RPJMD, RKPD, KUA dan PPAS yang semuanya melibatkan legislatif. ‘

Semoga rancangan ini menjadi raperda definitif dan dibahas dalam pansus, Mari sama-sama berkolaborasi karena pesta demokrasi sudah selesai yang ditandai pelantikan anggota DPR dan DPRD dan presiden dan kini mulai saatnya bersatu membangun dengan kebersamaan, ”pungkasnya. (bal)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button