Diskumindag Kota Sukabumi Bantu IKM Tumbuh Berkembang

Diskumindag Kota Sukabumi
Para pelaku usaha saat mendengarkan arahan dari Diskumindag Kota Sukabumi terkait sertifikat halal, Kamis (13/1).

CIKOLE- Dinas Koperasi,UKM, Perdagangan dan Perindutrian (Diskumindag) Kota Sukabumi, terus melakukan pemberdayaan, dan pengembangan kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Hal itu tentu saja untuk membantu kemajuan mereka dalam menjalankan roda usahanya. “Tahun ini, kita tetap melakukan pembinaan kepada IKM untuk lebih berkembang lagi,”ujar Kabid Perindustrian pada Diskumindag Kota Sukabumi, Agus Mulyana, Kamis (13/1).

Bacaan Lainnya

Agus mengatakan, dalam pembinaan yang dimaksud itu seperti memberikan bantuan dalam meningkatkan sumber daya manusianya dengan cara melatih IKM tersebut, entah itu dalam kemasan produk ataupun bentuk pelatihan lainnya, yang berhubungan untuk kemajuan usahanya.

“Termasuk kita promosikan lewat portal, ataupun media resmi kami, agar hasil usahanya juga dapat dikenal oleh orang banyak. Termasuk mengajak mereka ketika ada acara pameran IKM,”akunya.

Selain itu juga, sambung Agus, sedikitnya sekitar 50 IKM dibantu untuk mendapatkan sertifikat produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), izin edar, Angka Kecukupan Gizi, termasuk sampai dnegan mendapatkan label halal.

Tapi sebelum itu, mereka juga akan dibantu untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). “Selain memfasilitasi untuk mengurusi NIB, Kami juga bantu agar IKM mendapatkan sertifikat PIRT, dan sertifikat lainya,”ucapnya.

Bentuk berbagai bantuan tersebut, tentu saja agar IKM di Kota Sukabumi benar-benar memiliki kualitas usaha yang siap bersaing dengan IKM lainya.

“Kita akan bantu terus agar para IKM di Kota Sukabumi semakin maju dan siap bersaing dengan IKM lainya,”katanya.

Kedepan tambah Agus, upaya pengembangan dan pendampingan terhadap IKM akan terus dilakukan, termasuk membantu mereka untuk mengantongi segala persyaratannya.

“Pendampingan dan membantu pemasaran IKM akan kami lakukan terus, termasuk untuk mendapatkan berbagi sertifikat untuk memajukan usaha mereka,”pungkasnya. (bal)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *