ODGJ Berkeliaran di Kota Sukabumi, Warga Minta Diamankan

ODGJ di Jalan Sudirman, Kota Sukabumi
Salah seorang ODGJ di Jalan Sudirman, Kota Sukabumi saat tidur di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Gunungpuyuh, Selasa (7/12). FT: IST

KOTA SUKABUMI – Sejumlah warga Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Benteng, Kecamatan Gunungpuyuh, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi turun tangan menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Pasalnya, saat ini masih banyak yang berkeliaran hingga tak jarang membuat khawatir warga sekitar.

Salah seorang warga setempat, Yuthea mengaku khawatir dengan keberadaan salah seorang ODGJ berjenis kelamin wanita berusia sekitar 25 tahun yang sudah hampir satu bulan berada di sekitar Jalan Jenderal Sudirman karena sering didekati laki-laki.

Bacaan Lainnya

“Minggu lalu, ODGJ ini ditemenin sama laki-laki, tapi sekarang kayanya sudah ditinggalkan sendirian,” kata Yuthea kepada Radar Sukabumi, Selasa (7/12).

Kendati tidak mengganggu, lanjut Yuthea, namun banyak laki-laki yang mendekati ODGJ tersebut. Sebab itu, warga merasa khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 “Ya, tidak mengganggu cuma sebagai sesama perempuan khawatir hamil karena sering didekati laki-laki, tapi saya tidak bisa masukin ke dalam rumah,” ujarnya.

Sebab itu, sambung Yuthea, warga meminta pemerintah khususnya Dinas Sosial (Dinsos) agar segera turun tangan menyikapi hal tersebut.

“Kami minta pemerintah segera turun tangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Sementara itu, warga lainnya Hendra juga meminta agar pemerintah bisa menangani persoalan ODGJ di Kota Sukabumi.

“Apalagi kalau ODGJ nya masih muda, kami minta pemerintah cepat respon dan turun tangan. Karena tidak menutup kemungkinan kalau dibiarkan bisa terjadi hamil, kasian ODGJ nya,” singkatnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi, Abdul Muiz mengaku bakal segera melakukan penjangkauan untuk mengetahui ODGJ tersebut.

“Ya, akan melakukan penjangkawan terlebih dulu apakah ODGJ terlantar atau seperti apa. Saat ini, lagi persiapan HDI. Jadi agak repot, mungkin sekitar Kamis. Nanti direhab,” pungkasnya.(bam)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *