Makam Kapitan Simkeng Koen Sukabumi Bakal Dibenahi

  • Whatsapp
Makam Kapitan Simkeng Koen
Yayasan Kipahare Sukabumi bersama DLH Kota Sukabumi dan PSMTI Sukabumi saat melakukan peninjauan Makam Kapitan Simkeng Koen Kampung Kapitan RT4/3, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Senin (20/9).

“Selain akan melakukan pembenahan, kami juga akan berkoordinasi dengan pihak keluarga. Kami juga baru tau bahwa di sini ada makam Kapitan pertama Tionghoa, akhirnya kami melakukan penijauan kesini sebagai bentuk kepedulian kami.

Mudah-mudahan ini bisa menjadi cagar budaya dan bermanfaat,” singkatnya.

Bacaan Lainnya

Di tempat yang sama, Lurah Cikundul, Agus Heryanto mengaku baru mengetahui adanya makam yang merupakan situs bersejarah di lokasi tersebut.

“Saya baru mengetahui adanya makam di dekat pembangunan pengelolaan sampah terpadu ini. Tapi, dengan adanya pembangunan tempat pengelolaan sampah ini ada hikmahnya juga karena diketahui ada situs.

Karena sebelum dibangun tempatnya tidak terurus sehingga tidak terlihat ada makam,” sahutnya.

Menurut Agus, dengan adanya pembangunan pengelolaan sampah ini bisa dipadukan dengan wisata haritage sehingga nantinya para pelajar maupun warga yang berkunjung melihat pengelolaan sampah bisa sekaligus mengunjungi wisata haritage.

“Pengunjung nantinya bisa melihat dan mengenalkan wiasata sejarah, ini merupakan suatu keuntungan nambah lagi situs yang bisa dijadikan potensi wisata heritage dan nanti untuk kedepan kita sudah koordinasi dengan komunitas perkumpulan Tionghoa.

Sementara akan dikenal kepada masyarakat lantaran masih banyak yang belum mengetahui adanya makam bersejarah di sini,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *