Kota Sukabumi Nihil Dampak Gempa

  • Whatsapp
HIMBAUAN Walikota Sukabumi saat memberikan himbauan terkait gempa saat menghadiri kegiatan keagamaan, belum lama ini. IST

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Pasca gempa bermagnitudo 6,9 yang berpusat di Banten dan gempa bermagnitudo 4,4 yang berpusat di Kabupaten Sukabumi rupanya tidak terlalu berdampak bagi Kota Sukabumi. Hingga saat ini, petugas belum menerima laporan resmi dampak gempa tersebut.

Namun begitu, Pemerintah Kota Sukabumi terus menggiatkan mitigasi bencana, khususnya pembentukan kelurahan tangguh bencana dan terciptanya masyarakat yang sadar bencana.

Bacaan Lainnya

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengungkapkan, Pemerintah Kota Sukabumi belum menerima laporan kerusakan akibat gempa. Meskipun demikian petugas tetap meminta petugas di lapangan untuk tetap siaga dan memantau dampak gempa. “Kota dan Kabupaten Sukabumi merupakan daerah rawan gempa karena berada di atas patahan Cimandiri, warga tetap tenang dan waspada menghadapi bencana gempa bumi,” ungkapnya belum lama ini.

Fahmi mengungkapkan, pemkot juga menggalakan upaya pengurangan resiko bencana. Hal itu di antaranya dengan menggiatkan simulasi menghadapi bencana di setiap kelurahan. “Semua kelurahan ditargetkan menjadi kelurahan tangguh bencana (Katana). Targetnya ketika terjadi gempa maka warga bisa mengetahui langkah yang dilakukan untuk menyelamatkan diri,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami menambahkan, petugas tetap memantau dampak gempa di lapangan. Sehingga, jika ada warga yang mengalami dampak gempa bisa segera melaporkannya dan akan segera ditindaklanjuti petugas ke lapangan. “Petugas siap siaga menghadapi potensi bencana susulan. Hal itu dilakukan agar ketika terjadi bencana maka petugas siap dikerahkan ke lokasi bencana, hingga saat ini belum ada laporan,” pungkasnya.

 

(upi/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *