Kota Sukabumi Membangun

Aplikasi Super Media Komunikasi Mudah antara Warga dan Pemerintah

Program Unggulan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi

KOTA SUKABUMI MEMBANGUN – Aplikasi Sukabumi Participated Responder (Super) merupakan media komunikasi yang mudah bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi kepada pemerintah daerah.

Dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi meluncurkan aplikasi super yang bisa diunggah melalui smartphone berbasis Android pada Play Store.

Hingga saat ini Super terus berkembang menjadi fasilitas digital warga untuk berkomunikasi cepat dengan pemerintah daerah.

” Tujuan aplikasi ini untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk berinteraksi dengan pemerintah,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Dalam aplikasi Super ini masyarakat bisa mengakses semua yang berhubungan dengan pelayanan publik baik itu berupa kritikan, keluhan, dan saran. Nantinya masyarakat bisa memilih intansi yang berkaitan sesuai dengan permasalahan yang diadukan masyarakat.

“Aplikasi Super ini merupakan media yang paling tepat bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan, kritikan dan masukan,” katanya.

Tak hanya itu, Pemerintah Kota Sukabumi pun bisa memantau pelaksanaan pembangunan di setiap SKDP melalui aplikasi tersebut. Ketika ada laporan dari masyarakat kepada SKPD terkait, Walikota Sukabumi bisa memonitor sejauh mana pelayanan yang dilakukan oleh dinas tersebut.

Makanya di awal tahun 2020, pemerintah Kota Sukabumi melakukan evaluasi kinerja SKDP berdasarkan hasil laporan keluhan dari masyarakat.

“Ketika keluhan itu masuk melalui Super, tentunya SKPD harus sigap untuk menjawab atau melakukan langkah-langkah perbaikan di lapangan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani mengatakan selama tahun 2019 terdapat sebanyak 295 pengaduan dari masyarakat, baik itu masukan dan pemikiran yang disampaikan masyarakat ke Pemkot Sukabumi.

” Kebanyakan laporan tentang infrastruktur di PU, lalu pengaduan untuk Dishub seperti PJU dan gorong-gorong dan ketersediaan Perumda Air Minum DAM, ini tiga besar terbanyak,” jelasnya.

Dijelaskannya, aplikasi Super ini merupakan program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Andri Hamami. Diskominfo hanya sebagai admin sementara, sedangkan yang menindaklanjuti adalah SKPD terkait.

” Setiap aduan yang masuk kami teruskan ke SKPD, dan SKPD yang merealisasikan aduan tersebut. Hasil pemantaun kami respon dari SKPD cukup cepat. Ada yang dalam satu hari sudah direspon walaupun berdasarkan SOP maksimal 3 hari. Kalau lebih lebih dari 3 hari, maka di aplikasi akan ada tanda merah. Ini sekaligus rapot SKPD yang lambat merespon,” bebernya.

Kedepannya, Super merupakan program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Andri Hamami. Diskominfo sebagai admin sementara yang menindaklanjuti adalah SKPD.

“ Setiap aduan yang masuk kami terus ke SKPD yang merealisasikan aduan. Hasil pemantaun kami respon dari SKPD cukup cepat. Ada yang dalam satu hari sudah direspon walaupun berdasarkan SOP maksimal 3 hari. Kalau lebih lebih dari 3 hari, maka diaplikasi akan ada tanda merah. Ini sekaligus rapot SKPD yang lambat merespon,” bebernya.

Sementara itu, Warga Kecamatan Warudoyong Firda mengaku sangat mengapresiasi adanya aplikasi Super yang berbasis digital. Ini menandakan pemerintah Kota Sukabumi aktif dalam mengikuti perkembangan teknologi.

” Warga Kota Sukabumi dominan memiliki telepon smartphone, makanya bisa dengan mudah menyampaikan kritikan ataupun keluhan kepada pemerintah. Sehingga kita tidak usah pergi langsung ke kantor bersangkutan. Tinggal buka Aplikasi Super, lalu sampaikan, kita menunggu aksi intansi tersebut saja,” katanya.

Sebagai warga Kota Sukabumi dirinya sangat berterima kasih telah membuka ruang komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. Jadi sudah tidak jaman jika pemerintah anti kritik.

” Ya kita bisa dengan mudah mengadukan apa saja yang ada di Kota Sukabumi ini,” pungkasnya.

Layanan Super ini terhubung dengan seluruh instansi Pemkot Sukabumi dan terintegrasi langsung dengan e-lapor milik pemerintah pusat.

Sehingga, setiap laporan yang masuk melalui aplikasi Super dapat dibaca dan diterima juga oleh e-Lapor. Kedepannya Super ini akan terus dimodifikasi agar terintegarsi dengan berbagai program-program yang ada disetiap SKPD. (bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button