Kodim 0607 dan BPBD Perkuat Kesiapan Hadapi Bencana

  • Whatsapp
MITIGASI BENCANA: Sejumlah peserta yang mengikuti sosialisasi mitigasi bencana mempraktekan metode saat terjadi bencana gempa bumi, di Makodim 0607/Kota Sukabumi, Selasa (24/11). IST

SUKABUMI– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi bersama Kodim 0607/ Kota Sukabumi memberikan edukasi kesiapan dan Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam, Selasa (24/11).

Kegiatan yang dipusatkan di Makodim 0607/ Kota Sukabumi itu dihadiri Kepala Staf Kodim 0607/ Kota Sukabumi Mayor Chb. Khoirulloh, Pa Bandya Lat Sop Dam III/ Siliwangi Mayor Inf Afri S Ritonga, Kepala pelaksana BPBD Kota Sukabumi HR Imran Wardani dan Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Zulkarnain Barhami serta tim KIE bencana.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatannya, Kepala Staf Kodim 0607/Kota Sukabumi Mayor Chb. Khoirulloh mengatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu dalam upaya mengurangi risiko bencana. Sehingga masyarakat dapat dibekali kesiapsiagaan bencana dengan metode Golden Time penyelematan dari gempa bumi dan ikutannya seperti longsor.

“Para peserta dibekali juga tentang pengenalan daerah rawan bencana, pengetahuan tentang papan informasi bencana serta alat-alat penanganan bencana sampai dengan praktek tindakan emas yang dilakukan pada saat terjadi bencana biar selamat dari bencana.,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala pelaksana BPBD kota Sukabumi, HR Imran Wardani, menekankan semua orang mempunyai risiko terhadap potensi bencana, sehingga penanganan bencana merupakan urusan semua pihak (everybody‚Äôs business). Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab (shared responsibility) dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan, baik anak, remaja, dan dewasa. “Seperti yang telah dilakukan di jepang, untuk menumbuhkan kesadaran kesiapsiagaan dilakukan sejak sedini mungkin,” terangnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *