Kelurahan Subangjaya Sukabumi Susuri Selokan, Mitigasi Bencana

Kelurahan-Subangjaya
Lurah Subangjaya, Jumyati saat melakukan bersih-bersih saluran air

CIKOLE — Pemerintah Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, bersama warga kembali menggalakan aksi bersih-bersih selokan. Hal ini, dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana banjir saat turun hujan.

Lurah Subangjaya, Jumyati mengatakan, aksi bersih-bersih ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mitigasi bencana alam yang kerap terjadi saat musim hujan.

“Kami mengajak warga untuk melakukan kembali aksi bersih-bersih selokan yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir,” kata Jumyati kepada Radar Sukabumi, Kamis (5/1).

Menurutnya, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan cukup bagus. Terbukti, banyak warga yang ikut melakukan kegiatan bersih-bersih. “Alhamdulillah warga sangat antusias sehingga banyak yang ikut bersih-bersih selokan,” ujarnya.

Lanjut Jumyati, dalam mengantisipasi bencana banjir tentunya perlu adanya peran serta dari semua elemen khususnya antar pemerintah dengan warga. Sebab, tanpa adanya kerjasama yang baik maka akan sulit untuk melakukan antisipasi.

“Karena itu, warga harus dapat menjaga lingkungan khususnya tidak membuang sampah ke sungai karena dapat berdampak negatif,” bebernya.

Jumyati berharap, dengan adanya aksi bersih-bersih tersebut bisa menekan potensi bencana banjir. Terlebih, saat musim hujan potensi banjir cukup tinggi.

“Sebab itu kami kembali meminta agar warga bisa menjaga lingkungan dengan berupaya membersihkan selokan sala satunya agar saluran air tidak tersumbat sampah,” tutupnya. (Bam)

Pos terkait