Harga Cabai di Kota Sukabumi Menukik Tajam

Pedagang Cabai Pasar Kota Sukabumi
Pedagang Cabai pasar tradisional Kota Sukabumi

SUKABUMI – Harga komuditas cabai di pasar tradisional Kota Sukabumi, semakin merosot. Hal itu, terjadi sejak akibat jumlah permintaan mengalami lebih sedikit dibanding jumlah pasokan komuditas.

Dari data yang tercatat Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, Cabai merah besar TW turun dari Rp.72.000 jadi Rp.70.000, Cabai hijau besar turun dari Rp.38.000 jadi Rp.35.000 dan Wortel turun dari Rp.10.000 jadi Rp.9000 perkilogram.

Bacaan Lainnya

“Adapun, komuditas lainnya yang mengalami kenaikan harga yakni, Cabai merah besar lokal naik dari Rp.70.000 jadi Rp.76.000 dan Cabai merah keriting naik dari Rp.60.000 jadi Rp.65.000 perkilogram,” ungkap Kepala Seksi Pengawasan Barang dan Strategis, pada Diskumindag Kota Sukabumi M.Rifki kepada Radar Sukabumi, Jumat (5/8).

Rifki menjelaskan, penurunan beberapa komoditas tersebut salah satunya disebabkan pasoka yang melimpah sehingga harga terkoreksi turun. “Misalkan, cabai beberapa bulan lalu harganya meningkat. Namun, setelah pasokanya normal harga pun berangsur turun hingga saat ini,” ujarnya

Lanjut Rifki, untuk komoditas cabai terus alami penurunan harga hingga pekan terkahir di bulan ini. Hal itu, juga bisa menunjukan pasokanya meningkat sedangkan permintaan tetap.

“Alhamdulillah, untuk cabai terus harganya mengalami penurunan harga,” ucapnya.

Sementara, Bapokting lainya masih terlihat normal. Yakni, beras, bawang putih, terigu, garam, gula, daging ayam broiler, daging sapi,dan telur ayam negeri.

Begitu juga untuk ketersediaan termasuk semua stok bapokting dan barang strategis lainya cukup tersedia, serta fluktuasi harga masih dalam batas kewajaran. “Penyaluran dan pendistribusian barang hingga saat ini terpantau dalam kondisi aman dan lancar,” tutupnya. (bam)

Pos terkait