Dua Perpustakaan di Kota Sukabumi Borong Penghargaan Tingkat Jabar

Perpustakaan Kota Sukabumi
Perwakilan Dispusip Kota Sukabumi bersama, pihak pengelola pada dua perpustakaan berprestasi saat menggelar foto bersama disela-sela pemberian penghargaan

SUKABUMI– Sebanyak dua perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sukabumi meraih penghargaan sebagai juara dua dalam lomba perpustakaan terbaik tingkat Jawa Barat (Jabar) tahun 2022. Adapun keduanya yakni, Perpustakaan Puspita Kalbu Kelurahan Karamat Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi dan Perpustakan sekolah MA Syamsul Ulum.

Sekretaris Dispusip Kota Sukabumi, Dian Sucianti mengatakan, raihan prestasi kedua perpustakaan tersebut lantaran massifnya inovasi gerakan literasi yang mengena langsung ke masyarakat dan pelajar.

Bacaan Lainnya

“Perpustakaan di Kota Sukabumi meraih dua penghargaan di tingkat Jabar. Pertama Perpustakaan Puspita Kalbu Kelurahan Karamat meraih juara dua lomba perpustakaan desa kelurahan terbaik di Jabar 2022. Dan Perpustakaan Sekolah MA Syamsul Ulum Sukabumi meraih juara dua tingkat Jabar tahun 2022. Hal ini dikarenakan perpustakaan ini menjadi garda terdepan dalam mendorong gerakan literasi,” ujar Dian, belum lama ini.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh pihak pengelola perpustakaan yang didampingi oleh jajaran Dispusip Kota Sukabumi dan Kelurahan di Gedung Pustaloka Dispusip Jawa Barat.

Sementara itu, Lurah Karamat, Nandar Sudrajat, mengatakan, prestasi tersebut dapat mengharumkan nama Kota Sukabumi ditingkat provinsi. Hal ini bisa terwujud berkat kerja sama semua pihak seperti pengelola perpustakaan dan masyarakat.

Atas prestasi ini, Perpustakaan Puspita Kalbu berhak menjadi salah satu wakil Jawa Barat dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional. “Menuju lomba tingkat nasional, segala persiapan akan segera dilakukan, dengan mengandalkan kembali sinergi bersama berbagai pihak, “cetus dia.

Diharapkannya prestasi tingkat nasional dapat diraih oleh Perpustakaan Puspita Kalbu. Upaya ini dengan menggandeng relawan dan kadrler literasi.

Kepala Perpustakaan Puspita Kalbu, Febriansyah Raharja menerangkan, pihaknya melakukan beberapa inovasi seperti Puslingkar (Perpustakaan Keliling Karamat) dengan sasaran Posyandu, maupun pusat kegiatan masyarakat. Dalam pengelolaannya dilibatkan para relawan literasi, kader literasi TP – PKK kelurahan serta dari Dispusip.

“Saat ini kami mempersiapkan memperbaiki infrastruktur dan inovasi terkait literasi di Puspita Kalbu. Selain itu meningkatkan kualitas SDM relawan dan kuantitas kader literasi dalam upaya mempercepat gerakan literasi,” pungkasnya. (why)

Perpustakaan Kota Sukabumi
Perwakilan Dispusip Kota Sukabumi bersama, pihak pengelola pada dua perpustakaan berprestasi saat menggelar foto bersama disela-sela pemberian penghargaan

Pos terkait