Driver Online Tak Perlu uji KIR dan Stiker

  • Whatsapp
ILUSTRASI

RADARSUKABUMI.com –┬áCIKOLE- Adanya peraturan menteri perhubungan nomor 118/2018 yang mengatur angkutan sewa khusus, nampaknya membuat driver angkutan mobil online lebih mudah. Soalnya, Permasalahan uji KIR dan penempelan stiker tidak masuk dalam aturan baru tersebut.

” Dulu aturan angkutan online ini bersatu dengan Permen no 108 tahun 2016 mengenai kendaraan angkutan umum tidak bertrayek tapi kali ini aturannya tersendiri mengenai Angkutan sewa khusus (ASK),” ujar kepala Bidang LLA Dishub Kota Sukabumi Imran Whardani, kemarin (25/1).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, dalam peraturan menteri nomor 118 tahun 2018 itu kata Imran tidak ada mengatur uji KIR. Begitupun mengenai penempelan stiker. “Ada beberapa hal yang dihapus dari aturan yang sebelumnya,” jelasnya.

Hanya saja, aturan itu belum bisa disampaikan oleh DInas Perhubungan kepada angkutan online yang ada di Kota Sukabumi. Pihaknya masih menunggu sosialisasi dari pemerintah provinsi dan Kementerian Perhubungan.

” Peraturan baru ini kan masih masa penyesuaian selama enam bulan, dimulai dari Desember 2018,” ujarnya.Tak hanya itu dalam aturan baru itu ada disinggung mengenai usaha mikro.

Tapi pihaknya belum mengetahu secara detail apa saja yang ada dalam aturan tersebut. ” Nah kami pun mau mempertanyakan seperti apa usaha mikro itu, makanya kita masih menunggu sosialisasi,” katanya.

Kalau untum masalah kuota kata Imran masih untuk Kota Sukabumi itu sebanyak 488 unit. Belum ada perubahan dalam mengatur kuota tersebut. ” Kuota itu yang mengatur adalah pihak provinsi,” pungkasnya.

 

(bal/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *