Dispusipda Kota Sukabumi Garap Kearsipan Ormas, BUMD dan Perusahaan Swasta

Dispusipda Kota Sukabumi
Diapusipda Kota Sukabumi saat menggelar sosialisasi pengelolaan kearsipan bagi BUMD, organisasi kemasyarakatan, organisasi politik dan perusahaan swasta di Kantor Kesbangpol Kota Sukabumi, Kamis (23/6).

SUKABUMI — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi, bakal segera menggarap kearsiapan organisasi masyarakatan (Ormas), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan swasta dan organisasi politik.

Kabid Kearsipan Dispusipda Kota Sukabumi, Yanti Kurniati mengatakan, sejauh ini Dispusipda Kota Sukabumi baru menggarap kearsipan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah.

Bacaan Lainnya

Namun, saat ini dengan menggandeng Kesbangpol Kota Sukabumi akan merambah melakuka pembinaan pengelolaan kearsipan terhadap Ormas dan lainnya.

“Saat ini, kami menggelar sosialisasi pengelolaan kearsipan bagi BUMD, Ormas, organisasi politik dan perusahaan swasta. Kami bersama Kesbangpol saat ini mensosialisasikan pengelolaan kearsipan kepada Ormas yang ada di Kota Sukabumi,” kata Yanti kepada Radar Sukabumi, Kamis (23/6).

Lanjut Yanti, Dispusipda Kota Sukabumi siap membantu bagi Ormas, BUMD maupun perusahaan swasta yang hendak mendapatkan pembinaan pengelolaan kearsipan dengan baik dan benar.

“Alhamdulillah Ormas dan yang lainnya sangat antusias dengan adanya sosialisasi ini, terbukti banyaknya yang berminat untuk mengikuti pembinaan kearsipan,” ujarnya.

Tidak dipungkiri, sambung Yanti, sajauh ini masih banyak yang belum mengetahui bagai mana cara mengelola kearsipan yang baik dan benar.

Mulai dari penyimpanan, pemeliharaan hingga cara memilih dan memilah kearsipan yang masih dibutuhkan.

“Dalam penyimpanan arsip ini juga tidak sembarangan karena tempat penyimpanan harus diperhatikan tidak boleh di tempat lebam maupun di tempat panas,” imbuhnya.

Tak hanya itu, sambung Yanti, pembinaan kearsipan juga sangat penting dilakukan agar Ormas, BUMD dan perusahaan swasta dapat mengetahui kearsipan seperti apa yang perlu disimpan dan arsip yang perlu dimusnahkan.

“Jadi setelah adanya sosialisasi ini diharapkan Ormas, BUMD maupun perusahaan swasta dapat mengetahui arsip mana saja yang layak dimusnahkan maupun yang perlu disimpan,” pungkasnya. (bam/radar sukabumi)

Dispusipda Kota Sukabumi
Diapusipda Kota Sukabumi saat menggelar sosialisasi pengelolaan kearsipan bagi BUMD, organisasi kemasyarakatan, organisasi politik dan perusahaan swasta di Kantor Kesbangpol Kota Sukabumi, Kamis (23/6).

 

Pos terkait