Disnaker Cetak Tenaga Kerja Siap Pakai

CIKOLE– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Sukabumi terus berupaya mencetak tenaga kerja siap pakai. Hal itu lantaran, lapangan kerja yang berkembang di Kota Sukabumi, yakni sektor jasa dan kuliner memerlukan keterampilan khusus sehingga tidak sembarang pencari kerja dapat diterima.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Sukabumi, Iyan Damayanti mengungkapkan, perkembagan usaha yang cukup subur perkembangannya di Kota Sukabumi yakni perhotelan dan kuliner. Maka dari itu, karena kesempatan kerjanya pun harus memiliki kualifikasi khusus.

Bacaan Lainnya

“Jadi untuk saat ini kami fokus pada pengembangan dan pelatihan calon tenaga kerja yang sesuai dengan potensi Kota Sukabumi, sehingga para pencaker ini siap untuk ditempatkan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi belum lama ini.

Walaupun lapangan kerja di Kota Sukabumi ini cukup terbatas, namun target pengurangan angka pengangguran selalu berhasil, bahkan melebihi target. Hingga saat ini, dari 4.563 pencari kerja yang terdata, 2.597 pencaker diantaranya sudah memiliki pekerjaan.

“Kami juga tekankan, kepada semua pencaker, khusunya yang kami latih dan berikan pembinaan tidak hanya berpatokan untuk menjadi pekerja atau buruh saja, melainkan dirangsang untuk menjadi wirausahawan baru, setiap tahun kita targetkan 5.000 penyaluran dan setiap tahunnya selalu melebihi target,” ujarnya.

Dari 4.563 pencari kerja yang terdata, mayoritas memilih dunia industri dibanding sektor lainnya. Karena memang, pencaker di Kota Sukabumi ini didominasi lulusan SMA dan SMK yang kurang memiliki kemampuan khusus sesuai dengan potensi yang ada.

“Maka dari itu, untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja ahlinya kami saat ini fokus untuk melakukan pembinaan, pelatihan sehingga siap pakai, artinya siap ditempatkan diberbagai posisi yang memerlukan kompetensi khusus,” pungkasnya.

 

(upi/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *