Disdukcapil Kota Sukabumi Genjot Program IKD, Sambangi Tempat Ibadah

Disdukcapil Kota Sukabumi
Sejumlah petugas Disdukcapil Kota Sukabumi saat melayani pembuatan dokumen kependudukan di GKI Sukabumi

CIKOLE – Upaya meningkatkan cakupan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kota Sukabumi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus menggenjot berbagai program, salah satunya dengan melakukan layanan aktivasi IKD ke tempat ibadah.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan, pada akhir pekan lalu, pihaknya menggandeng pengurus GKI Sukabumi untuk melakukan aktivasi IKD kepada anggota jemaat GKI Sukabumi di Jalan Zaenal Zakse, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole.

Bacaan Lainnya

Diakui Kardina, program ini mendapatkan sambutan positif dari jemaat, bahkan banyak jemaat yang melakukan aktivasi IKD. ”Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan aplikasi layanan Dukcapil yang dibangun oleh pemerintah pusat Ditjen Dukcapil Kemendagri. Layanan ini untuk mempermudah masyarakat mendapatkan semua jenis layanan dokumen kependudukan,” terang Kardina.

Kini kata Kardina, pemerintah tengah menggencarkan naiknya cakupan iKD. Misalnya Disdukcapil bersama pengurus GKI Sukabumi melakukan aktivasi IKD kepada anggota jemaat GKI Sukabumi jalan Zaenal Zakse Gunung Parang Cikole Sukabumi.

Menurut Kardina, ke depan warga akan lebih mudah dan praktis serta lebih diterima di pengguna layanan dengan IKD. ” Kalau ada di HP tinggal dilihatkan saja (dokumennya-red),” ungkapnya.

Kardina menuturkan, target aktivasi IKD sebesar 30 persen dan kini baru tercapai sekitar 18 persen. Sementara dari jumlah penduduk capaian IKD baru 5,6 persen.

” Kendalanya, kemarin banyak mau aktivasi IKD, tapi HP warga tidak support,” jelasnya. Selain itu masih ada warga yang merasa belum penting karena tidak aman. Padahal lebih aman karena yang memegang IKD adalah warga sendiri dan tidak ada kebocoran apapun. (why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *