KOTA SUKABUMI

Dinkes Kota Sukabumi: Cegah Virus Corona Pakai Masker Kurang Tepat

RADARSUKABUMI.com – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Rita Fitrianingsih mengatakan, penggunaan masker untuk mencegah virus corona atau covid-19 dianggap kurang tepat. Sebab masker lebih wajib dipakai oleh orang yang telah sakit dengan gejala influenza.

“Ya jadi tidak tepat sebenarnya pakai masker untu mencegah sakit. Masker itu harusnya dipakai oleh orang yang sakit, khususnya gejala influenza,” kata Rita Fitri kepada Radarsukabumi.com, Rabu (4/3/2020)

Rita pun menjelaskan, penularan virus corona terfokus pada area wajah yang paling sensitif. Sehingga dengan demikian, upaya untuk mencegah tertular virus adalah dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Yang lebih efektif itu sering mencuci tangan pakai sabun dan kurangi memegang muka. Selain itu perilaku hidup bersih dan sehat serta tingkatkan daya tahan tubuh dan istirahat yang cukup,” ujarnya.

Menanggapi kelangkaan masker di Kota Sukabumi, Rita justru mengklaim stok yang berada di gudang penyimpanan masih banyak. Untuk itu dia meminta kepada masyarakat tidak perlu khawatir dengan berita habisnya masker di pasaran.

“Kami sampaikan, warga tidak perlu khawatir dan cemas dalam menghadapi virus corona. Stok masker relatif masih aman. Masker dinyatakan tercukupi di gudang penyimpanan,” ungkapnya.

Disebutkan, dari data gudang Dinkes Kota Sukabumi, stok masker mencapai 977 boks atau sekitar 48 ribu masker. Hanya saja, stok tersebut tidak diperjualbelikan kepada masyarakat umum.

“Stok tersebut akan kami berikan kepada masyarakat bila dianggap perlu. Terutama pada warga yang berobat ke puskesmas dan rumah sakit. Jadi stok masker yang ada hanya untuk perlengkapan pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button