Dewan: Pilih Penjabat Bertalenta

CIKOLE- DPRD Kota Sukabumi melalui Komisi 1 mendorong pemerintah Kota Sukabumi untuk menyiapkan para penjabat Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertalenta. Artinya, pemerintah bergandengan dengan para akademisi untuk melakukan seleksi ASN yang benar-benar berkualitas ketika ditempatkan sesuai dengan disiplin ilmunya.

” Kita sudah meminta BKD menyiapkan data base ASN yang bertalenta, jadi ketika menempatkan seorang ASN kemampuan disiplin ilmunya sudah diketahui oleh pemerintah,” ujar Ketua Komisi 1 DPRD Kota Sukabumi, Faisal Bagindo, kemarin (6/8).

Bacaan Lainnya

ASN yang bertalenta itu bukan hanya penilaian atau progres OPD atau atasannya saja. Tapi harus bekerjasama dengan akademisi untuk melihat dan menilai kemampuan ASN tersebut. “Jadi bukan hanya like and dislike, dan timses pun akan tereleminir. Penempatan sesuai dengan kemampuanya,” jelasnya.

Dijelaskan Faisal, memang dalam hal pengangkatan ASN dalam ini Walikota Sukabumi mempunyai hak prerogatif. Hanya saja dengan dengan adanya sistem seperti itu penilaian secara subjektifitasnya bisa ditekan.

“Walikota punya hak Prerogratif tapi dengan begitu nilai subjektifitasnya bisa bekurang,”terangnya.

Faisal menilai dari masa kepemimpinan Walikota di 2013 sampai 2018 ini hanya segelintir ASN yang mempunyai talenta bagus akan tetapi tidak diberdayakan. Semestinya pengangkatan jabatan di setiap Dinas itu harus melihat kapabilitas, kapasitas dan kemampuan berdasarkan disiplin ilmunya.

” Rugi negara ini jika ASn yang bertalenta tidak mendapatkan porsi,” ujarnya. (bal/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.