BPBD Ingatkan Bencana Banjir dan Tanah Longsor

  • Whatsapp
BPBD Kota Sukabumi bersama SKPD lain sedang membersihkan sungai Cipelang leutik. Foto:ikbal/radarsukabumi

CIKOLE – Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mengingatkan masyarakat untuk siga menghadapi bencana banjir dan tanah longsor. Apalagi berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menetapkan musim penghujan dengan insensitas tinggi sampai Mei mendatang.

“Kita siaga bencana banjir dan tanah longsor, masyarakat tetap waspada musim penghujan belum berakhir,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Whardani, Rabu (7/4).

Bacaan Lainnya

Diakui Imran banjir juga sempat melanda beberapa titik di Kota Sukabumi. Banjir tersebut sifatnya lintasan akibat penumpukan sampai di sungai dan drainase sehingga meluap ke jalan.

“Kalau intensitas hujan tinggi pasti ada dibeberapa titik yang meluap kejalan. Itu akibat sampah, makanya masyarakat harus peduli terhadap lingkungan jangan buang sampah sembarangan,” ujarnya.

Imran juga mengimbau kepada para pengguna kendaraan baik roda dua dan empat, ketika terjadi hujan lebat yang disertai oleh kilat petir dan angin kencang agar menghindari berada di bawah pohon, baliho, saluran air dan gorong-gorong.

“Memarkirkan kendaraan diusahakan jangan dibawah pohon ketika hujan deras disertai angin dan petir, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tetap selalu waspada dan siaga,”terangnya.

Sementara itu, berdasarkan data rekapitulasi yang dimiliki BPBD, kejadian bencana di wilayah Kota Sukabumi masih di dominasi Banjir, Tanah Longsor dan cuaca ekstrem.

Tercatat pada bulan Maret 2021 total jumlah kejadian bencana ada 28 terdiri dari 8 kejadian Banjir, 10 cuaca ekstrem, 1 kecelakaan transportasi dan 9 kejadian tanah longsor. (bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *