Bawaslu Kota Sukabumi Luncurkan Aplikasi Sigap Lapor

Bawaslu Kota Sukabumi

SUKABUMI — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi mempermudah masyarakat untuk melaporkan terjadinya pelanggaran pada Pemilu 2024 mendatang. Laporan tersebut bisa disampaikan melalui aplikasi yang diluncurkan Bawaslu yakni Sigap Lapor.

“Kami memberikan ruang kemudahan bagi publik untuk melaporkan pelanggaran, tidak harus datang ke kantor Bawaslu tapi bisa langsung melaporkan melalui aplikasi Sigap Lapor,” ujar Koordinator Divisi Hukum Provinsi Jawabarat Yusuf Kurnia dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Bawaslu dan non peraturan bawaslu Pemilu 2024 di Salah satu cafe di Jalan Palabuhan II, Kecamatan Lembursitu, Rabu (2/11).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Yusuf keberadaan aplikasi Sigap Lapor tersebut merupakan bagian dari tantangan dunia digitalisasi saat ini. Lanjutnya, di era digitalisasi ini semua akses informasi bisa mudah dan cepat didapat oleh masyarakat.

“Aplikasi ini juga memudahkan Bawaslu, karena digitalisasi itu salah satu solusi mengurangi beban kerja bagi penyelenggara pemilu dan baik itu KPU di aspek teknis maupun Bawaslu dalam aspek pengawasan maupun penegakan,” katanya.

Lanjut Yusuf dengan adanya kegiatan sosialisasi ini yang dihadiri oleh masyarakat mahasiswa dan unsur-unsur lainnya, bagian dari meningkatkan partipasi dalam upaya pengawasan pemilu. “Maka dari ini kita mengajak semua elemen terlibat dalam pengawasan pemilu,” ungkapnya.

Yusuf pun menganalisa potenis masalah terkait tantangan pemilu 2024 pasti hampir sama dengan pemilu di 2019 lalu, dimana apabila terjadi dua kandidat yang muncul di Pilpres kata Yusuf bakal terbelah terkonsentrasi.

Masalah yang muncul itu polarisasi politik identitas dan kampanye hitam di media sosial. “Untuk itu kamipun melakukan kerja kolaboratif dengan tim Cyber kepolisian untuk penyelesaian kampanye hitam di media sosial,” pungkasnya. (Cr4/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *